Rabu, 24 April 2024

Di Sela KTT G20, Jokowi-Macron Bertemu Membahas Kerja Sama Bidang Energi dan Pertahanan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI melakukan pertemuan bilateral dengan Emmanuel Macron Presiden Prancis, Selasa (15/11/2022), di Nusa Dua, Bali. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, Senin (15/11/2022), mengadakan pertemuan bilateral dengan Emmanuel Macron Presiden Prancis, di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Bali.

Pertemuan kedua pemimpin negara itu berlangsung di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara yang tergabung dalam Group of Twenty (G20).

“Presiden Macron, selamat datang di Bali. Terima kasih untuk kehadiran Yang Mulia pada KTT G20 ini serta dukungan Prancis sepanjang Presidensi Indonesia. Walau pun situasi dunia sedang tidak kondusif saat ini, kita terus bekerja sama agar G20 dapat menghasilkan manfaat bagi semua,” ucap Presiden Indonesia.

Selanjutnya, ada pembahasan mengenai rencana kerja sama transisi energi. Jokowi menjelaskan, Indonesia terus berupaya memperkuat transisi energi baru dan terbarukan.

Macron pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia dan menyatakan kesiapan untuk mendukung transisi energi.

Pada kesempatan itu, kedua pemimpin juga membahas kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan.

Jokowi Presiden berharap kerja sama pertahanan kedua negara tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Tapi, juga mencakup produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

“Saya harapkan berbagai proyek pertahanan dapat segera kita tindak lanjuti. Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu-isu strategis di kawasan,” ucapnya.

Seiring makin mesranya hubungan kedua negara, Jokowi dan Macron sepakat membentuk forum konsultasi yang secara rutin membahas kerja sama di berbagai bidang prioritas.

Nantinya, Menteri Luar Negeri Indonesia dan Prancis akan menindaklanjuti kesepakatan itu.

Turut mendampingi Presiden RI dalam pertemuan dengan Presiden Prancis antara lain Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, serta Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
30o
Kurs