Senin, 29 April 2024

Dinas Pendidikan akan Membuat Klub Olahraga Pelajar Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pertandingan voli antar klub Piala Wali Kota Surabaya. Foto: Dinas Kominfo Kota Surabaya

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya siap membuat klub olahraga untuk para pelajar dari keluarga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Yusuf Masruh Kepala Dispendik Kota Surabaya mengatakan, ini untuk memberikan kesempatan siswa yang punya talenta di bidang olahraga agar bisa berkembang sesuai talentanya.

“Yang punya talenta olahraga kita arahkan per wilayah. Ada SD, SMP negeri dan swasta. Contohnya olahraga voli, nanti kita bikin di wilayah barat, utara, timur, selatan sekolah negeri dan swasta kita gabung. Harapan kami selain bisa berinteraksi, juga tercipta kolaborasi antara negeri dan swasta. Nanti di tingkat kota kita bikinkan klub olahraga,” kata Yusuf saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (20/3/2022).

Salah satu bentuk konkretnya, Yusuf mencontohkan melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah negeri dan swasta akan berkolaborasi. Misalnya untuk di wilayah Surabaya Barat, kalau ada siswa yang punya talenta di bidang voli latihannya akan dipusatkan di SMPN 26.

“Misalkan voli dari SMP 26, nanti yang terdekat ada SMPN 25 atau SMP Muhammadiyah bisa ke situ kalau latihan biar gak jauh. Nanti anak-anak dibina semaksimal mungkin. Pelatihnya untuk sementara ini dari teman-teman guru olahraga,” tuturnya.

Nantinya, guru olahraga SD SMP negeri dan swasta akan dikumpulkan Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk menyusun jobdesk dan kurikulum untuk siswa tersebut.

“Nanti kita bikinkan istilahnya kurikulum bagaimana membentuk karakter fisik anak, pola latihan dan kelengkapannya bagaimana agar bisa seragam latihannya,” terangnya.

Yusuf mengaku sudah bertemu dengan MKKS, KKG, MGMP dan K3S untuk menyepakati ini, tinggal menunggu bagaimana tindak lanjutnya.

“Kemain saya sudah ketemu. Minggu besok kita finishing semoga sudah bisa jalan,” pungkasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs