Kamis, 25 April 2024

Dispendik Surabaya Gelar Uji Coba Pendaftaran PPDB SMPN

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Uji coba pendaftaran PPDB jenjang SMPN yang digelar oleh Dispendik Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan menggelar latihan uji coba pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), untuk mempermudah orang tua atau wali murid untuk melakukan pendaftaran.

Latihan pendaftaran tersebut, dibuka mulai 3-6 Juni 2022 mendatang. Yusuf Masruh Kepala Dispendik Kota Surabaya mengatakan, latihan pendaftaran dibuka untuk jalur prestasi nilai rapor sekolah (NRS), jalur prestasi lomba, dan jalur zonasi.

Orang tua atau wali murid dapat mengakses website ppdb.surabaya.go.id untuk kemudian memasukkan NIK siswa dan nomor PIN yang didapat saat validasi.

“Kami ingin wali murid paham betul mengenai mekanisme PPDB online. Ini sekaligus sebagai latihan agar saat pendaftaran sesungguhnya dibuka, mereka tidak grogi dengan sistem online,” kata Yusuf, Sabtu kemarin (4/6/2022).

Kadispendik menyebut, latihan pendaftaran dibuka menjadi dua gelombang, dengan gelombang pertama mulai 3-5 Juni dan gelombang kedua pada 7-9 Juni.

Pada setiap gelombang, Calon Peserta Didik Baru (CPDB) hanya bisa mencoba satu kali latihan. Misalnya, ketika sudah latihan mendaftar jalur zonasi pada 3-5 Juni, maka baru bisa mencoba latihan kembali pada 7-9 Juni.

“Data latihan pendaftaran pada tanggal 3-5 Juni akan dibersihkan dulu oleh tim teknis pada tanggal 6 Juni. Setelah itu baru bisa mencoba kembali latihan di gelombang kedua,” terangnya.

Selain menyediakan tahapan latihan pendaftaran, pihaknya juga menyiapkan video tutorial pendaftaran di laman ppdb.surabaya.go.id. Video tersebut bisa diakses dan dipelajari oleh wali murid.

“Dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, kami berharap wali murid lebih sigap untuk pendaftaran sesungguhnya. Dan kami imbau untuk menjaga kerahasiaan PIN yang sudah didapat saat validasi,” tandasnya. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs