Jumat, 3 Mei 2024

Dua Kelurahan di Pamekasan Tergenang Banjir Kiriman

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir mulai menggenangi perkampungan warga di Jalan Sinhaji, Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (31/12/2022) malam. Foto: Antara

Banjir akibat luapan sungai di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (31/12/2022) sekitar pukul 18.00 WIB mulai menggenangi perkampungan warga di Kelurahan Jungcangcang dan Kelurahan Kangean, Pamekasan.

Banjir kiriman mulai menggenangi perkampungan warga antara lain di Jalan Sinhaji dan Jalan Trunojoyo, Pamekasan dengan ketinggian genangan antara 30 cm hingga 40 cm.

“Banjir yang terjadi di Pamekasan malam ini merupakan banjir kiriman, karena di daerah hulu hujan turun dengan deras,” tutur Budi Cahyono Analis Muda Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (31/12/2022) malam dikutip Antara.

Selain menggenangi perkampungan warga, banjir akibat luapan Sungai Kalisemajid ini juga menggenangi sejumlah ruas jalan di Jalan R Abdul Aziz Pamekasan.

Sejumlah sekolah seperti SMP Negeri 1 Pamekasan dan SDN Jungcangcang Pamekasan juga tergenang banjir, termasuk kantor PGRI di Jalan Segara Pamekasan.

“Selain karena banjir kiriman, banjir di dalam kota ini juga karena air laut dalam kondisi pasang sehingga air aliran sungai tidak segera surut,” katanya.

Sementara itu, warga yang rumahnya mulai tergenang banjir nampak mulai mengevakuasi barang-barang miliknya seperti tempat tidur dan barang pecah belah ke tempat yang lebih aman.

“Kami juga telah menerjunkan tim khusus, termasuk perahu karet untuk mengevakuasi warga, terutama yang tinggal dekat aliran sungai ke tempat yang lebih aman,” kata Budi yang juga Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan itu.

Hingga sekitar pukul 20.00 WIB belum ada tanda-tanda banjir akan surut, bahkan arus banjir di sejumlah titik di Kelurahan Jungcangcang terpantau semakin deras.

Sementara itu, menurut data BPBD Pamekasan pada 31 Desember 2022 banjir melanda beberapa lokasi, yaitu:

  1. Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan
  2. Kelurahan Kangean, Pamekasan
  3. Desa Lesong Laok, Kecamatan Batumarmar
  4. Desa Ponjanan Barat, Kecamatan Batumarmar
  5. Desa Tolonto Ares, Kecamatan Waru.
  6. Sungai Pasean, Kecamatan Pasean
  7. Desa Palengaan Daja, Kecamatan Palengaan
  8. Desa Rombuh, Kecamatan Palengaan
  9. Desa Palengaan Daja, Kecamatan Palengaan.(ant/rum/iss)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs