Sabtu, 27 April 2024

Dubes RI di Saudi: Indonesia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Mekkah, Jumat (24/6/2022) Foto: Antara

Abdul Aziz Ahmad Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Arab Saudi mengatakan, Indonesia mendapat tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu pada 2022.

“Iya tahun ini afa penambahan kuota 10.000,” katanya di Mekkah, Jumat (24/6/2022) dikutip Antara.

Sebelumnya kuota haji Indonesia sebanyak 100.051, dan bisa bertambah seiring adanya pengumuman tersebut. Sedangkan untuk teknis pembagian kuota tambahan tersebut, Azis menyerahkan ke pemerintah pusat.

“Sebetulnya kalau jumlah itu katakan dua minggu sebelumnya mungkin itu masuk dalam kuota yang sekarang (pemberangkatan kloter satu dan dua). Cuma kan karena secara teknis memerlukan proses yang agak panjang dan mungkin juga penambahan pendanaan,” imbuhnya.

Dia bilang, biaya masyair atau puncak haji yang sebelumnya ada kenaikan harus melalui proses dan izin DPR RI untuk mendapatkan penambahan dana.

“Kalau penambahan untuk mendapatkan uang katakanlah uang dari mana sumbernya, dari BPKH harus melalui DPR. Padahal kan DPR sedang reses sekarang. Tidak mungkin kan. Hak-hal teknis seperti itu mungkin tidak terantisipasi oleh pemerintah Saudi karena berbeda cara pendekatannya,” lanjutnya.

Menurut Aziz, pemberian kuota tambahan tersebut seperti tradisi, karena Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan hampir setiap tahun.

Lebih lanjut, dia menyebut pada tahun 2019 juga ada penambahan kuota sebanyak 10.000. Penambahan kuota sudah beberapa kali dilakukan dan jumlah 10.000 itu biasa diberikan.

“Sebetulnya itu tradisi ya. Pemerintah Saudi memberikan tambahan kuota hampir tiap tahun, kuota 10.000 itu biasa,” pungkasnya. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs