Rabu, 1 Mei 2024

Dubes RI untuk Malaysia Sebut Azyumardi Azra Meninggal karena Serangan Jantung

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Prof Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers. Foto: dewanpers.or.id

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers 2022-2025 meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia karena serangan jantung.

Hermono, di Rumah Sakit Selangor, Malaysia, mengatakan berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan pihak rumah sakit disebutkan penyebab kematian pria 67 tahun ini yakni acute inferior myocardial infarction.

“Jadi tertulis dalam surat tersebut penyebabnya acute inferior myocardial infarction,” ujar dia, Minggu (18/9/2022) mengutip Antara.

Azyumardi Azra sempat memperoleh upaya resusitasi dari tim dokter sebelum mengembuskan napas terakhir pada hari ini pukul 12.30 waktu setempat, di coronary care unit (CCU) rumah sakit tersebut.

Istri Azyumardi Azra, Ipah Farihah bersama putra keduanya Firman El Amny Azra sempat menemani di saat akhir beliau.

Saat ini pihak keluarga bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur sedang melakukan penanganan jenazah almarhum.

Azyumardi Azra mendapat perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, sejak Jumat (16/9/2022) sore.

Ia hendak menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) dalam Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Muhammad Faisal Abd Aziz Presiden ABIM mengatakan Azyumardi Azra akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut.

Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. Konferensi itu akan dibuka oleh Anwar Ibrahim Ketua Emeritus Institut Internasional Pemikiran Islam (IIIT).(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs