Jumat, 24 Mei 2024

Emil Dardak Ingatkan Pentingnya Kepedulian Terhadap Kesehatan Mental

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur saat memberikan sambutan dalam acara peringatan hari pencegahan bunuh diri sedunia di halaman FK Unair, pada Sabtu (10/9/2022) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, mengajak semua peserta yang hadir dalam acara peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, di halaman Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Sabtu (10/9/2022) malam, peduli terhadap kesehatan mental.

“Kesehatan mental adalah sebuah hal yang penting, dan kita harus peduli terhadap itu,” ucapnya saat memberikan sambutan di hadapan ratusan mahasiswa FK Unair.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan pentingnya waktu untuk mencurahkan kegelisahan kepada siapa saja yang dipercaya.

“Kadang keluarga juga menjadi tempat yang sulit untuk menerima kalau ada anggota keluarganya sedang mengalami depresi, itu sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, teman bisa menjadi sandaran yang luar biasa,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Emil mengingatkan masyarakat supaya tidak meremehkan kesehatan mental, dan mulai menyebarkan kepedulian kepada sesama untuk membangun suasana yang sehat.

“Mari kita mulai dengan tidak meremehkan keadaan. Kita tahu di luar sana ada orang yang lebih susah, ada orang yang lebih menderita. Tapi itu bukan tentang lomba siapa yang paling menderita, tapi tentang kondisi kesehatan mental,” ucapnya.

Kemudian, Emil juga mengapresiasi FK Unair yang mengadakan acara peringatan hari kesehatan mental. Menurutnya, kepedulian yang itu akan memiliki dampak besar, karena dilakukan civitas akademika, dan akan berpengaruh besar terhadap masyarakat.

“Mudah-mudahan, karena kepedulian ini diinisiasi para intelektual, masyarakat luas akan lebih mudah untuk teryakinkan pentingnya mental health,” katanya.

Sekadar informasi, acara itu dimulai pukul 19.30 WIB. Diikuti oleh ratusan mahasiswa dari prodi yang ada di FK Unair, yang kompak memakai dress code hitam putih.

Setiap orang yang hadir wajib membawa satu batang lilin sebagai simbol harapan hidup dan pencegahan bunuh diri.(ris/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Kurs
Exit mobile version