Kamis, 25 April 2024

FK Unair Mantapkan Posisi Versi World University Rankings 2022

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Prof. Dr. dr. Budi Santoso, Sp.OG(K) Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unair,. Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga  berhasil menduduki posisi dua besar terbaik di Indonesia dan peringkat 401-450 peringkat dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject 2022.

Prof. Dr. dr. Budi Santoso, Sp.OG(K) Dekan FK Unair menyampaikan  terdapat empat indikator penilaian. Antara lain, Employer reputation, Academic reputation, Research citations per paper, dan H-index atau tolak ukur produktivitas dan dampak dari hasil publikasi yang diterbitkan oleh para dosen dan/atau peneliti.

“Penilaian terkait employer reputation dapat dilihat dari relevansi pendidikan dengan dunia kerja,” tuturnya, Sabtu (9/4/2022).

Indikator tersebut juga berkaitan dengan lulusan Unair yang diakui berkontribusi di berbagai organisasi. Penilaian juga didasarkan pada stakeholder pengguna lulusan Unair.

Selanjutnya, lanjut Prof Budi, indikator lainnya  adalah kualitas pendidikan atau academic reputation. Penilaian tersebut menjadi penting sebagai bukti bahwa kualitas pendidikan Unair telah diakui oleh berbagai pihak di seluruh dunia.

Menyikapi  kenaikan peringkat ini, kata Prof Budi, mengindikasikan kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas sebagai bentuk dari tanggung jawab moril terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia dan merupakan tantangan ke depan bagaimana bisa mengatur strategi pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

“Atas pencapaian ini akan menjadi tantangan ke depan, kita akan melakukan perbaikan di semua lini, baik pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi,”pungkasnya. (man/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs