Rabu, 1 Februari 2023

Forum Zakat Jatim Perkuat Gerakan untuk Entaskan Kemiskinan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kholaf Khibatullah ketua Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur saat berada di Gedung Dakwah Laznas Nurul Hayat Surabaya, pada Rabu (26/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur mengadakan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-6 dengan tema “Penguatan Gerakan Zakat untuk Masyarakat Jawa Timur Hebat” di Gedung Dakwah Laznas Nurul Hayat, Gunung Anyar, Surabaya, pada Rabu (26/10/2022).

Kholaf Khibatullah Ketua FOZ Jawa Timur mengatakan, FOZ akan terus memperkuat gerakan zakat agar semakin banyak masyarakat di Jatim yang mentas dari kemiskinan.

“Kami terus berupaya meningkatkan pengembangan kapasitas dan jaringan, advokasi dan pengawasan, kerja sama dan sinergi, khususnya untuk lembaga zakat di Jawa Timur,” ucapnya.

Ia menegaskan, bahwa kerja gerakan zakat tidak berorientasi pada angka dan transaksi saja. Melainkan, memiliki prinsip melewati batas angka, yakni mereduksi cita-cita luhur untuk mensyiarkan zakat sebagai ibadah fundamental bagi umat.

“Jika kerja syiar sungguh-sungguh, maka akan linier dengan angka-angka yang hendak dicapai. Meski regulasi terus berpotensi mengatur pertumbuhan lembaga zakat, tapi zakat sebagai gerakan harus terus tumbuh. Tak lain dengan menempatkan zakat sebagai bagian dari syiar besar kepada umat Islam, khususnya di Indonesia,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, bahwa gerakan zakat harus tumbuh dengan semangat berbagi. Yakni, mulai dari berbagi pengalaman hingga pengetahuan.

“Untuk bersama-sama tumbuh besar dalam arus kebaikan,” tambahnya.

Dalam acara Musywil itu, ia juga mengatakan bahwa program sinergi yang sudah dilaksanakan FOZ yakni, kolaborasi penanganan bantuan Covid-19, bantuan penyintas bencana Kalimantan Selatan dan gempa Sulawesi Barat, penanggulangan bencana erupsi Semeru, dan juga kolaborasi penanganan bantuan banjir Malang.

Ia berharap, dengan adanya Musywil ke-6 FOZ itu, terjadi peningkatan semangat untuk tumbuh bersama, saling membesarkan, dan kolaborasi semakin bagus. Sehingga, gerakan zakat di Indonesia, khususnya Jawa Timur semakin kuat.(ris/iss/dfn)

Berita Terkait