Jumat, 29 Maret 2024

Gandeng Universitas dari Finlandia, ITS Kembangkan Teknologi 6G

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Perwakilan ITS dan Oulu University, Finlandia usai melakukan diskusi membahas teknologi 6G di Gedung Rektorat ITS, Jumat (27/5/2022). Foto: Humas ITS

Setelah sukses mendirikan 5G Experience Center pada Septemper 2021, kini Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerjasama dengan Oulu University Finlandia mengembangkan inovasi di bidang telekomunikasi tentang teknologi 6G.

Mochamad Ashari Rektor ITS menyebut Oulu University sebagai salah satu universitas yang unggul di bidang telekomunikasi, sehingga banyak peluang yang bisa dikolaborasikan oleh ITS. Kerja sama dengan Oulu University yang diambil oleh ITS adalah menjadi Ambassador 6G.

“Seperti contohnya dalam pengembangan Science Techno Park, khususnya bidang Information and Communication Technology (ICT) yang tidak lama akan memulai risetnya mengenai 6G,” kata Ashari di Gedung Rektorat ITS, Jumat (27/5/2022).

Rektor ITS itu juga menyampaikan keinginannya untuk menggandeng Oulu University sebagai partner dalam program Joint Degree yang diperuntukkan mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) dan juga program doktoral.

“Harapannya, kerja sama tersebut juga dapat mendukung program studi (prodi) baru ITS, yaitu Teknik Telekomunikasi,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Endroyono PIC program pengembangan 5G Experience Center ITS, yang menyatakan bahwa peran ITS sebagai 6G Ambassador sangat tepat dalam mengembangkan tekonologi komunikasi.

Selain pengembangan di bidang teknologi, ITS juga memiliki peran untuk menginformasikan dan memberikan edukasi tentang teknologi 6G kepada publik.

Menanggapi hal tersebut, Mika Rantakokko perwakilan Oulu University menyambut dengan antusias kerja sama tersebut. Dia mengungkapkan jika Oulu University telah berpengalaman dalam hal pengembangan ICT.

Oulu University yang dia wakili juga menyatakan kesiapannya untuk membantu ITS dalam melanjutkan program 5G Experience Center serta mengembangkan 6G.

“Kami sangat antusias untuk segera terlibat dan merealisasikan kerja sama ini,” tandasnya.

Pertemuan diskusi yang digelar di Gedung Rektorat ITS tersebut dihadiri oleh Mochamad Ashari Rektor ITS, Endroyono PIC program pengembangan 5G Experience Center ITS. Kemudian, Mika Rantakokko Liaison Manager – 6G Flagship Center at Oulu University, dan Amirthalingam Head of Indosat Ooredoo Group Danabalan, serta beberapa jajaran ITS terkait.

Sebagai informasi, 5G Experience Center merupakan salah satu Kawasan Science Techno Park (STP) ITS yang berlokasi di Gedung Pusat Robotika ITS atas kerja sama dengan Nokia, Indosat Ooredoo, dan Oulu University.(wld/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs