Jumat, 12 Agustus 2022

Gelombang Pemudik di Terminal Purabaya Mulai Masuk Arus Balik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi shelter bus AKDP di Terminal Purabaya sekitar pukul 14.50 yang masih terlihat sepi, Rabu (4/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Arus balik pasca-Idulfitri 1443 Hijriah di Terminal Purabaya sudah mulai terjadi, sejak Selasa (3/5/2022) kemarin. Namun, jumlah penumpang saat ini masih landai dan diperkirakan baru akan meningkat saat mendekati puncaknya.

Sebelumnya, arus mudik Lebaran sendiri terjadi mulai Kamis (28/4/2022), hingga Idulfitri pada Senin (2/5/2022).

Demy Suryantari Pengelola Teknologi Informasi Terminal Tipe A Purabaya mengatakan, hari pertama arus balik pada Selasa kemarin, memang lebih banyak dibandingkan hari terakhir arus mudik sehari sebelumnya, pada Senin (2/5/2022). Namun, jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah hingga puncak arus balik nanti.

“Senin itu (arus mudik terakhir) cuma 12.881 penumpang di jalur keberangkatan. Selasanya (hari pertama arus balik), meningkat jadi 14.345 penumpang,” ujar Demy pada suarasurabaya.net, Rabu (4/5/2022).

Pada momen arus balik, tujuan paling banyak untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yaitu Kediri, Tulungagung, Blitar, dan Trenggalek. Sementara jenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), didominasi tujuan ke Jakarta, Solo, dan Yogyakarta.

“Untuk bus AKAP, ya Jawa Tengah lah yang paling banyak. Tapi Cirebon juga ada (Jawa Barat),” kata Demy.

Demy menambahkan, arus balik ini sudah dimulai karena beberapa karyawan perusahaan swasta sudah kembali masuk. Demy juga berharap masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk balik lebih cepat sebelum puncaknya. Hal ini, bertujuan untuk menghindari penumpukan seperti yang sempat terjadi saat puncak arus mudik.

“Ya sebaiknya sih sebelum tanggal 6 atau 7 Mei 2022 itu. Kalau keterlambatan bus yang datang di Terminal itu terakhir terjadi kemarin, H+1 Idulfitri. Hari ini sudah normal mungkin karena arus lalu lintas sudah landai,” ujarnya.

Mengenai adanya kemungkinan keterlambatan bus tiba di Terminal saat nanti puncak arus balik, Demi berharap hal tersebut tidak lagi terjadi.

“Kira-kira puncaknya Jumat atau Sabtu. Ya harapannya sih semua tetap sesuai jadwal,” tuturnya.

Sementara itu, terkait jumlah penumpang arus balik, Terminal Purabaya memperkirakan bisa mencapai puluhan ribu penumpang seperti arus mudik kemarin.

“Sabtu lalu 28 ribuan, yaa kira-kira segitu,” pungkas Demi. (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 12 Agustus 2022
26o
Kurs