Kamis, 25 April 2024

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pantai Selatan Trenggalek, Terasa Hingga Jawa Tengah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gempabumi tektonik yang menggungcang wilayah Pantai Selatan Trenggalek, Minggu (12/6/2022) pagi. Foto: BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempabumi tektonik dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Pantai Selatan Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (12/6/2022) pagi sekitar pukul 06.55 WIB.

Melansir keterangan resmi BMKG, gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Tengah di antaranya Kulon Progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Cilacap, Klaten dan Karanganyar lalu di Jatim di Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, dan Karangkates dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Lalu di daerah Lumajang, Madiun dan Kepanjen gempa dirasakan dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Pusat gempa sendiri berada di koordinat 8,60° LS ; 111,41° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Km arah Selatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur pada kedalaman 103 km.

Hingga pukul 07.25 WIB, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempat tersebut.

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.(bil/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs