Sabtu, 27 April 2024

Gubernur Jatim dan Mendagri Kunjungi Tugu Pahlawan dan Rumah Kelahiran Bung Karno

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, saat mengibarkan Bendera Merah Putih di Gapura Kampung Pandean IV, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Minggu (14/8/2022). Foto: kominfo.jatimprov.go.id

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) dan Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri), mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan dan Rumah Kelahiran Ir. Soekarno (Bung Karno) Presiden pertama RI, di Pandean IV, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Melansir kominfo.jatimprov.go.id, dalam kunjungan itu, Gubernur Jatim dan Mendagri disambut ratusan pelajar dan warga. “Tetap semangat sehat ya,” ucap Khofifah saat membagikan Bendera Merah Putih dan masker kepada sejumlah warga di Tugu Pahlawan.

Setelah itu, rombongan beranjak ke lokasi dimana Proklamator Kemerdekaan RI dilahirkan. Sebelum masuk tepatnya di gapura Kampung Pandean IV, Khofifah dan Tito Karnavian mengibarkan Bendera Merah Putih.

Di kesempatan itu,  Mendagri juga mengajak generasi muda menghargai jasa para pahlawan dan tidak lupa sejarah perjuangan bangsa merebut kemerdekaan.

“Dengan tidak lupa sejarah, maka kita tahu akar kita dari mana sehingga kita punya visi dalam membangun bangsa,” ucap Mendagri usai mengunjungi Rumah Kelahiran Bung Karno.

Menurut Mendagri, meski Bung Karno dilahirkan dari keluarga dan lingkungan sederhana, namun bisa menjadi pemimpin besar dunia. “Bekerja, belajar, dan punya visi serta konsep pemikiran  maka kita bisa menjadi pemimpin besar seperti Bung Karno,” tutur Mendagri.

Mendagri juga menyambut baik rencana Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, yang akan merenovasi rumah kelahiran Bung Karno menjadi museum, sehingga generasi mendatang bisa mengetahui sejarah bangsa. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs