Jumat, 19 April 2024

H-7 Lebaran, Polisi Tes Urine 50 Sopir Bus di Terminal Purabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kapolresta Sidoarjo memantau tes urine 50 sopir dan kondektur bus Terminal Tipe A Purabaya, Senin (25/4/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Satresnarkoba Polresta Sidoarjo menggelar tes urine untuk 50 sopir bus Terminal Tipe A Purabaya. Hasilnya, semua menunjukkan negatif pemakaian narkoba.

Kombes. Pol. Kusumo Wahyu Bintoro Kapolresta Sidoarjo mengatakan, pengecekan tes urine kepada sopir dan kondektur bus ini dilakukan sebagai antisipasi agar ketika mengemudi bus dalam keadaan sehat dan siap. Selain itu juga demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

“Sudah 50-an ya sekarang ini dan hasilnya semua negatif,” ujar Kombes. Pol. Kusumo saat memantau pengecekan tes urine di area kedatangan bus, Senin (25/4/2022).

Kemudian, mulai Selasa (26/4/2022) juga akan dilakukan random sampling tes urine pada sopir dan kondektur secara mendadak.

“Mulai besok random sampling diadakan pengecekan. Waktunya belum tentu,” tambahnya.

Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, Kombes. Pol. Kusumo menegaskan akan langsung memanggil PO (Perusahaan Otobus) agar diminta mengistirahatkan sopir atau kondektur yang terindikasi positif.

“Kalau urine positif, masih banyak hal-hal lain yang harus dibuktikan. Kita tanyai dan pastikan, penggunaan narkoba atau hanya mengonsumsi obat. Karena tidak selalu positif adalah pemakai,” tegasnya.

Tes urine yang digelar oleh Polresta Sidoarjo ini dilakukan secara rutin menjelang arus mudik Lebaran 2022. Sasarannya, sopir dan kondektur bus. Mereka yang dites urine diminta menunggu sampai keluar hasilnya baru diperbolehkan beroperasi. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs