Kamis, 25 April 2024

Hampir 10 Jam Geledah Kantor Gubernur Jatim, KPK Angkut Tiga Koper

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Petugas KPK usai memeriksa berbagai ruangan pimpinan Provinsi Jawa Timur, Rabu (21/12/2022) membawa koper berwarna hitam. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Setelah hampir 10 jam menggeledah kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan, Surabaya sejak sekitar pukul 10.00 WIB, petugas KPK terlihat meninggalkan gedung tersebut sekitar pukul 19.30 WIB, sambil membawa tiga koper.

Dua koper besar dan satu koper kecil turut diangkut dan dimasukkan mobil berwarna hitam yang ditumpangi petugas KPK.

Sejak tiba di kantor Gubernur Jawa Timur Rabu (21/12/2022) pagi, petugas tampak mondar-mandir keluar masuk gedung dan sejumlah ruangan. Sambil sesekali berlarian ketika dikejar awak media untuk dimintai jawaban.

Terlebih mulai pukul 17.30 WIB, sejumlah penyidik KPK nampak keluar dari ruang kerja Gubernur Jatim. Selama hampir dua jam, mereka kembali keluar-masuk berturut-turut ke ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, ruang kerja Wakil Gubernur Jatim, dan ruang Sekdaprov Jatim lagi.

Hingga sekitar pukul 19.30 WIB, lebih dari lima penyidik KPK keluar ruang Sekdaprov Jatim.

“Yang bawa koper, bawa koper ini,” ujar salah satu petugas KPK berbaju hitam pada awak media yang sudah berkerumun, sekitar pukul 19.34 WIB.

Dia juga membenarkan tiga koper yang dibawa terkait hasil penggeledahan lingkup Kantor Gubernur Jatim.

“Ya itu di dalam koper itu,” tambahnya.

Petugas itu juga enggan merinci dugaan barang bukti yang diangkut diperoleh dari ruangan yang mana. Mengingat ada tiga ruangan pimpinan Pemprov Jatim, yaitu ruang kerja gubernur, ruang kerja wakil gubernur, dan ruang kerja Sekda yang digeledah KPK.

“Gak ingat saya, banyak,” timpalnya sebelum masuk lift lantai dua menuju lobi Kantor Gubernur Jatim.

Mengenai tiga ruangan pimpinan Pemprov Jatim yang diperiksa, petugas itu hanya menjawab dengan mengangkat alis seakan membenarkan.

Empat petugas KPK yang masing-masing menenteng tas ransel itu membawa tiga koper berisi dokumen dugaan kasus korupsi dana hibah kemudian masuk lift.

Begitu sampai di lantai dasar, keempatnya terlihat berlarian menerobos kerumunan wartawan dan memasukkan koper ke mobil.

Berselang beberapa detik, masing-masing masuk ke tiga mobil hitam nopol L 1596 ABD, L 1041 USM, dan L 333 JEN. Semuanya meninggalkan halaman Kantor Gubernur Jatim pukul 19.37 WIB.

Diketahui, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim tidak ada di ruang kerjanya. Tapi dia membenarkan pemeriksaan KPK di Kantor Gubernur Jatim. Itu dikatakan Khofifah pada awak media saat Rakor Operasi Lilin Semeru di Mapolda Jatim.

Begitu juga dengan Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim sedang berada di Jakarta. Dia mewakili Gubernur Jatim dalam arahan Presiden RI dan Rakernas BPDLH tahun 2022 di Gedung AA Maramis Kompleks Kemenkeu pukul 14.00 WIB. Berlanjut HUT ke-16 Partai Haruna, dihadiri Presiden RI di Convention Center Senayan Jakpus.

Sebelumnya diberitakan, penggeledahan KPK di Kantor Gubernur Jatim berkaitan dengan kasus Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (14/12/2022) lalu karena diduga menerima suap pengelolaan dana hibah.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs