Jumat, 29 Maret 2024

Harhubnas 2022, Menhub Dorong Sektor Transportasi Bangkit Lebih Cepat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan saat memimpin Upacara Harhubnas 2022, Sabtu (17/9/2022). Foto: dephub.go.id

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mendorong sektor transportasi untuk bangkit lebih cepat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Harhubnas tahun 2022 dengan tema Bangkit Maju Bersama, yang digelar di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (17/9/2022).

“Kita tidak akan bangkit lebih cepat kalau tidak bersama-sama,” ujar Budi Karya Sumadi dilansir dephub.go.id.

Menhub menjelaskan, sektor transportasi sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Namun saat ini, upaya pemulihan sektor transportasi sudah menunjukkan hasil positif.

Beberapa capaian positif hingga September 2022 ini, diantaranya yakni Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat sektor transportasi mampu tumbuh 21,27 persen di kuartal kedua tahun 2022, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen.

Selanjutnya, pengelolaan kembali ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI menjadi suatu langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia.

“Pencapaian ini harus kita syukuri bahwa di tengah tantangan yang dihadapi, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” ucap Menhub.

Dia mengungkapkan, ke depan masih ada sejumlah pekerjaan rumah di sektor transportasi yang harus dituntaskan. Misalnya, peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, Upacara Peringatan Harhubnas tahun ini diegelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya di gelar di Ibu Kota Jakarta. Pada tahun ini, upacara dilaksanakan di Kota Palembang, sebagai perwujudan paradigma pembangunan yang dilakukan tidak hanya berfokus di pulau Jawa (Jawa Sentris) tetapi Indonesia Sentris.

Selain itu, Kota Palembang dinilai menjadi contoh daerah di luar Jawa, yang telah memiliki angkutan massal lengkap dan terintegrasi antara LRT, BRT Trans Musi, angkot feeder dan angkutan lainnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs