Sabtu, 27 April 2024

Hari Guru Nasional Jadi Momen Pengingat Pentingnya Peningkatan Kompetensi Digital

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
lustrasi guru sedang mengajar di kelas. Foto: Humas Kemendikbudristek

Prof Agus Sartono pakar pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan guru berperan sangat penting dalam mengoptimalisasi proses pembelajaran guna mendukung transformasi pendidikan di era digital.

“Guru berperan penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran agar lebih optimal,” kata Agus Sartono, Kamis (24/11/2022).

Dia menjelaskan bahwa selama beberapa tahun terakhir telah terjadi perubahan yang sangat cepat akibat revolusi industri 4.0.

“Pemanfaatan teknologi informasi telah mengubah lanskap pelayanan publik, bisnis dan tidak terkecuali bidang pendidikan,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Agus Sartono yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu mencontohkan, selama masa pandemi guru didorong untuk bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Dengan demikian menjadi sangat penting penguasaan atau kompetensi digital karena metode pembelajaran saat ini banyak memanfaatkan media digital,” katanya.

Oleh karena itu Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November, kata dia, perlu menjadi pengingat mengenai pentingnya kompetensi digital bagi guru.

“Pada saat sumber pembelajaran sekarang ini tersedia sangat beragam. Guru perlu menjadi partner dan harus mampu menginspirasi serta mendorong para siswa agar mampu mengoptimalkan talentanya,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi digital bagi guru.

Aris Darmansyah Edisaputra Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK mengatakan bahwa era teknologi digital yang berkembang pesat menjadi tantangan di bidang pendidikan yang perlu menjadi perhatian utama.

“Perkembangan teknologi yang begitu masif mengingatkan pentingnya bersikap adaptif, kreatif dan inovatif melalui peningkatan kompetensi digital guna makin mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa guru memiliki yang sangat penting dalam sektor pendidikan karena kualitas pendidikan bisa ditentukan oleh standar kualitas tenaga pengajar.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Rekomendasi Film Tentang Guru


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs