Jumat, 29 Maret 2024

Hari Ini, Wilayah Jatim Potensi Hujan Deras disertai Angin Kencang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang melanda wilayah Jawa Timur pada Sabtu (24/12/2022) hingga Minggu (25/12/2022) dini hari.

Berdasarkan keterangan resmi BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, cuaca tersebut berlaku di daerah Tulungagung dan Banyuwangi pada pagi hari.

Di siang harinya, wilayah Bojonegoro, Kab. Madiun, Magetan, Kota Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Sampang akan diguyur hujan.

Daerah Kota Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Kediri, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Lumajang dan Sumenep potensi cuaca terjadi pada malam hari.

Lalu, pada dini hari untuk wilayah Tuban, Ponorogo, Pacitan, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Probolinggo, Banyuwangi dan Sumenep.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan 5-50 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jawa Timur mengimbau masyarakat khususnya yang berada di wilayah pesisir untuk memperhatikan peringatan gelombang setinggi lebih dari 2,5 meter di perairan Jatim.

Potensi cuaca yang terjadi hari ini di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan sedang hingga lebat.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 35 knots (64 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 37 knots (68 kilometer per jam).

Kondisi angin tersebut berpeluang terjadinya gelombang tinggi setinggi 0,3-1,8 meter di perairan Selat Madura.

Sedangkan gelombang dengan tinggi lebih dari 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian timur dengan kisaran 1,0-5,5 meter dan perairan Samudra Hindia selatan Jatim dengan kisaran 2,3-4,8 meter.(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs