Jumat, 26 April 2024

Sejumlah Wilayah di Jatim Diprakirakan Turun Hujan Sedang Hingga Lebat Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi turun di sejumlah wilayah Jawa Timur, Jumat (23/12/2022).

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi cuaca tersebut pada pagi hari di wilayah Gresik, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Jember dan Banyuwangi.

Kemudian pada siang hingga sore hari, hujan diprakirakan turun di wilayah yang lebih luas lagi yaitu Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan dan Ponorogo. Lalu di Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Selanjutnya pada malam hari di wilayah Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Lumajang, Situbondo dan Banyuwangi.

Peringatan dini ini diperkirakan berlanjut hingga Sabtu (24/12/2022) dini hari untuk wilayah Gresik, Situbondo dan Sumenep.

Suhu udara di Jawa Timur hari ini berada di kisaran 15 – 33 °C, dengan kelembapan udara 55 – 100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya – Barat dengan kecepatan 05 – 50 km/jam.

Sementara untuk prakiraan kondisi cuaca maritim wilayah perairan Jawa Timur, BMKG Maritim memprakirakan ada potensi hujan sedang hingga lebat.

BMKG Maritim juga meminta masyarakat pesisir waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Laut Jawa bagian timur, perairan Selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim hari ini.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut, kec. angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 34 knots (63 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 32 knots (52 km/jam).(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs