Jumat, 29 Maret 2024

Hujan Deras dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Hujan di Kota Surabaya. Foto: Ika suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) pada hari ini, Selasa (27/12/2022) kembali diguyur hujan.

Dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang mulai Selasa pagi hingga Rabu (28/12/2022) dini hari.

Hujan berpeluang terjadi pada pagi hari untuk wilayah Gresik, Kab. Madiun, Magetan, Tulungagung, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Siang sampai sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

Daerah Kota Malang, Batu, Kab. Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo berpeluang hujan saat malam hari. Lalu, pada dini hari di wilayah Sumenep.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Arah angin dominan dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jawa Timur memprakirakan potensi cuaca yang terjadi hari ini di wilayah perairan Jawa Timur diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 26 knots (48 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (35 kilometer per jam).

Kondisi angin tersebut berpeluang terjadinya gelombang tinggi setinggi 0,5-1,3 meter di perairan Selat Madura, Laut Jawa bagian timur antara 1,3-3,3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1,5-3,5 meter.

BMKG Maritim juga mengimbau masyarakat pesisir agar selalu waspada terhadap gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di Perairan Kalteng bagian timur, Laut Jawa utara; selatan Bawean, Laut Jawa barat; timur Masalembo, Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Utara Madura dan Kepulauan Sapudi, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan selatan Jatim, Samudra Hindia selatan Jatim.(tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs