Kamis, 18 April 2024

Ikan Mati di Waduk SIER, DLH Ambil Sampel sambil Telusuri Kemungkinan Industri yang Buang Limbah ke Waduk

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya bersama PT SIER mengambil sampel ikan mati untuk dilakukan uji laboratorium di Waduk PT SIER, Sabtu (22/1/2022). Foto: Diskominfo Surabaya)

Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya melakukan uji laboratorium soal adanya ikan-ikan yang mengapung mati di Waduk V PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya di Surabaya, Sabtu (22/1/2022), mengatakan, jajaran DLH terjun ke lokasi mengambil sampel air waduk untuk uji laboratorium.

“Tadi kami bersama PT SIER sudah terjun ke lokasi dan mengambil sampel. Jadi, PT SIER mengambil sampel untuk diujikan di laboratoriumnya sendiri, dan kami juga mengambil sampel kami uji di Labkesda,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Menurut Hebi, saat terjun ke lokasi tadi, timnya sempat melakukan pengujian sampel dengan menggunakan alat uji portable.

Hasilnya, diketahui bahwa Dissolved Oxygen (DO) masih dalam batas normal, dan ini menunjukkan bahwa ikan mati bukan karena pencemar organik.

Namun, lanjut dia, Chemical Oxygen Demand (COD) tinggi, dan Biological Oxygen Demand (BOD) masih diuji laboratorium.

“Uji laboratorium ini butuh waktu sekitar sepekan lebih, kami akan terus berkoordinasi dengan Labkesda supaya bisa dipercepat. Yang pasti tadi sudah kami masukkan sampel ke Labkesda,” katanya.

Selain itu, kata dia, timnya juga menyusuri sekitaran waduk untuk menelusuri dugaan industri yang melepas limbah ke waduk.

Ia juga menegaskan bahwa apabila diketahui ada industri yang melepas limbah ke waduk, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan dan itu sudah ada aturannya, termasuk sanksinya.

“Jadi, kita tunggu hasil uji laboratorium dulu,” katanya.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs