Kamis, 8 Desember 2022

IKN Presentasikan Sustainable Forest City dalam EAROPH World Congress ke-28

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Bambang Susantono Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) hadir sebagai pembicara utama dalam acara EAROPH World Congress ke-28 yang diselenggarakan di Surabaya hari ini, Jumat (7/10/2022). Foto: Istimewa

Bambang Susantono Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) hadir menyampaikan perencanaan pembangunan ibu Kota Nusantara sebagai Sustainable Forest City dalam Eastern Regional Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) World Congress ke-28 yang diselenggarakan di Surabaya hari ini, Jumat (7/10/2022).

Acara yang diselenggarakan dua tahun sekali itu merupakan organisasi internasional yang menaungi pakar dan praktisi bidang perencanaan dan permukiman di wilayah Asia dan Australasia. Mengambil tema “The Future of Human Settlements Accelerating Recovery and Ushering into a New Era of Sustainable Urbanization Post Covid-19”, dihadiri pakar-pakar dari berbagai negara.

Bambang memaparkan rencana yang dilakukan setelah pandemi Covid-19 itu akan memasukkan model epidenomics untuk menunjang pemulihan kota.

Harapannya IKN menjadi kota masa depan yang memiliki aspek digitalisasi dan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim, mempersempit ketimpangan sosial dan meningkatkan infrastruktur urbanisasi. Mengingat sebelumnya pandemi global telah menurunkan pembangunan serta menambah jumlah kemiskinan ekstrim.

“Selain membangun infrastruktur, untuk merencanakan Nusantara yang memiliki soul, liveable and loveble, pemerintah pusat mengajak berbagai pihak pemerintahan dan swasta untuk bergotong-royong dalam mengembangkan permukiman dan ekosistem IKN yang menunjang pertumbuhan ekonomi, kelestarian lingkungan dan inklusivitas sosial,” papar Bambang Susantono.

Hal itu yang mendasari Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim sekaligus Presiden EAROPH 2022-2024 mendukung penuh pembangunan IKN.

Ia mengajak sejumlah kepala daerah, ahli, praktisi, dan akademisi di bidang permukiman berkelanjutan untuk turut berbagi pengetahuan.

“Keanggotaan EAROPH terdiri dari pakar pemukiman lintas negara serta berbagai sektor privat, publik dan akademik. Kami berkomitmen untuk mendukung pembangunan IKN dalam mewujudkan Sustainable Forest City. Saya mengajak kepala daerah, para ahli, praktisi dan akademisi di bidang permukiman berkelanjutan yang hadir untuk ikut berbagi pengetahuan dan bertukar best practices untuk mewujudkan Nusantara sebagai forest city yang modern dan berkelanjutan.” ujar Emil.(lta/red)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
26o
Kurs