Selasa, 19 Maret 2024

Titik Nol IKN Ditutup Sementara untuk Kunjungan Wisata

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gubernur dan perwakilan kepala daerah seluruh provinsi menghadiri acara Kendi Nusantara yang dipimpin Jokowi Presiden, di Titik Nol IKN, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), menutup sementara Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk kunjungan wisata karena karena sedang tahap pembangunan infrastruktur IKN.

“Untuk sementara memang masih ditutup bagi kalangan umum, kecuali bagi yang berkepentingan, karena dikhawatirkan terjadi sesuatu, mengingat di lokasi itu sedang kegiatan konstruksi,” ujar Adi Kustaman Pelaksana Camat Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (5/10/2022).

Jika kegiatan konstruksi di kawasan inti IKN Nusantara sudah selesai atau jalur menuju titik nol dirasa aman, ia berharap bisa dibuka kembali untuk umum, karena sejak ditetapkan menjadi IKN, kawasan tersebut seolah menjadi magnet bagi warga setempat maupun warga dari luar Kaltim.

“Kalangan tertentu yang berkepentingan terkait pembangunan IKN maupun bagi jurnalis, masih bisa, tapi tetap harus izin,” ujar Adi, seperti dikutip dari Antara.

Sejak ditetapkan menjadi IKN baru dan sebelum ditutup untuk umum, lokasi itu menjadi daya tarik tersendiri, setiap hari selalu ada yang berkunjung, apalagi hari libur, terdapat ratusan warga yang datang untuk berwisata sekaligus berfoto maupun swafoto.

Di ujung jalan Titik Nol IKN sudah dibangun pendopo dengan ornamen khas Kaltim. Sekitar 100 meter sisi kanan pendopo, terlihat tulisan besar “Titik Nol Nusantara”. Lokasi inilah yang paling favorit dijadikan latar belakang foto oleh pengunjung.

Untuk sampai ke titik nol, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga dari halaman depan pendopo. Sementara di sisi kanan tulisan Titik Nol Nusantara terdapat papan petunjuk arah berbagai kota di Indonesia seperti Rote, Papua, Jakarta dan lainnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs