Kamis, 2 Mei 2024

IMF Sebut Embargo Gas Rusia Akan Hantam Eropa Tengah

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Logo Dana Moneter Internasional (IMF) di luar gedung kantor pusat di Washington AS. Foto: Reuters/Antara
Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan embargo gas alam Rusia akan menyebabkan resesi mendalam di Hongaria, Slovakia, Republik Ceko dan Italia. Kecuali berbagai negara-negara bisa bekerja sama untuk berbagi pasokan alternatif  energi.
Peneliti IMF mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa beberapa negara dapat menghadapi kekurangan sebanyak 40 persen dari konsumsi gas normal mereka jika terjadi penghentian total gas Rusia.

Hongaria adalah negara yang akan paling menderita secara ekonomi dari embargo itu, dengan pengurangan lebih dari 6,0 persen dalam produk domestik bruto, sementara Slovakia, Republik Ceko dan Italia dapat melihat PDB menyusut sebesar 5,0 persen jika pasokan gas alternatif, termasuk gas alam cair, terhambat.

Saat ini terlihat pengurangan PDB di Hongaria lebih dari 3,0 persen, Slovakia dan Italia pengurangan PDB lebih dari 2,0 persen dan PDB Republik Ceko menyusut kurang dari 2,0 persen.
Sementara PDB Jerman juga akan menyusut di kisaran angka 2,0 persen.
Para peneliti IMF mengatakan infrastruktur Eropa dan pasokan global telah teratasi sejauh ini. Pasokan gas mengalami penurunan 60 persen sejak Rusia melakukan invasi ke Ukraina. (ant/rst)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs