Rabu, 24 April 2024

IMI Optimistis Pembenahan Sirkuit Mandalika Maksimal Selesai 14 Maret 2022

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bamsoet saat bertemu Hadi Tjahjanto mantan Panglima TNI yang yang ditunjuk Joko Widodo Presiden menjadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 di Jakarta. Foto: Istimewa

Bambang Soesatyo Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI optimistis pembenahan Sirkuit Internasional Mandalika Lombok beserta sarana dan prasarana penunjang lainnya bisa diselesaikan maksimal tanggal 14 Maret 2022. Sehingga, pelaksanaan balapan internasional MotoGP 2022 yang akan dilakukan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022 dapat berlangsung sukses.

“Sejumlah perbaikan sarana dan prasarana di dalam Sirkuit Internasional Mandalika sudah selesai dilakukan. Semisal, race track, race second building, race electronic, grand stand, VIP village serta temporer facility untuk menambah tempat bagi para pebalap dan tim,” ujar Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo usai bertemu Hadi Tjahjanto mantan Panglima TNI yang ditunjuk Joko Widodo Presiden menjadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Bamsoet menjelaskan, perbaikan sarana dan prasarana pendukung di luar Sirkuit Internasional Mandalika juga terus dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan di antaranya pelebaran jalan dari dua jalur menjadi empat jalur, perbaikan drainase, hingga penghijauan di sepanjang jalan bundaran Bandara Internasional Lombok sampai Bundaran Sunggung.

“Penghijauan juga dilakukan dilakukan di lima bukit yang ada di sekitar Sirkuit Internasional Mandalika. Pembangunan observation gate di Bukit 360 Mandalika yang berada di tikungan 10 Sirkuit Mandalika terus dikebut. Bukit 360 ini memiliki pemandangan 360 derajat menghadap langsung Sirkuit Internasional Mandalika dan Samudera Hindia,” kata Bamsoet.

Dia mengatakan, nantinya saat kedatangan para pebalap dan tim MotoGP ke Indonesia akan dilakukan mekanisme travel bubble. Travel bubble ditetapkan agar para pebalap dan tim dapat melakukan kegiatan, dengan menghindari resiko penularan virus Covid-19.

“Dorna telah menyetujui penerapan travel bubble bagi pebalap, kru dan official tim yang akan mengikuti MotoGP di Mandalika. Selama travel bubble diterapkan, para pebalap dan tim boleh melakukan uji coba di paddock. Namun, mereka hanya boleh berinteraksi di antara mereka saja, serta tidak boleh kemana-mana. Aktivitas di paddock juga akan tertutup bagi masyarakat umum,” pungkas Bamsoet. (faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs