Kamis, 25 April 2024

Indonesia dan Jepang Kerja Sama Penanganan Kebencanaan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang bersama Profesor Sugiyama Naoshi Rektor Universitas Nagoya di Universitas Nagoya pada Jumat, (25/11/2022). Foto: Istimewa

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang menyambut baik tawaran kerja sama penanganan kebencanaan di Indonesia dari Universitas Nagoya, Jepang.

Hal itu disampaikan Heri usai pertemuan dengan Profesor Sugiyama Naoshi Rektor Universitas Nagoya di Universitas Nagoya pada Jumat, (25/11/2022).

“Kami menyambut baik tawaran kerja sama penanganan kebencanaan di Indonesia dari Universitas Nagoya. Indonesia dan Jepang sama-sama rawan akan bencana. Oleh karenanya, diharapkan Indonesia dapat memperoleh manfaat dari pengalaman Jepang dalam menangani bencana alam,” ujar Heri dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (27/11/2022).

“KBRI Tokyo melalui Atase Pendidikan akan menyiapkan mekanisme kerja sama penanganan kebencanaan dengan Universitas Nagoya, utamanya terkait kerja sama riset dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” tambah Heri.

Dalam pertemuan tersebut, Profesor Sugiyama Naoshi menyatakan duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi di Cianjur.

“Turut berduka atas korban jiwa dari musibah gempa di Cianjur. Kami siap membantu dalam penanganan bencana gempa di Indonesia, Nagoya University memiliki pengalaman dan fasilitas riset terkait dengan penanganan bencana alam,” kata Sugiyama Naoshi.

Pertemuan dengan Profesor Nagoya ini dilakukan di sela-sela kegiatan Ambassador Goes to Campus yang merupakan bagian dari Indonesia Friendship Day 2022. Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh lebih dari 50 mahasiswa Nagoya University, selain membahas terkait mitigasi bencana, Heri juga memaparkan sejarah, dan perkembangan kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya di sektor perdagangan dan investasi.(gat/iss)

Berita Terkait

Mitigasi Gempa Bumi


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs