Minggu, 28 April 2024

Ini Jadwal Pendaftaran PPDB SMP Negeri di Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Uji coba pendaftaran PPDB jenjang SMPN yang digelar oleh Dispendik Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Kota Surabaya.

Yusuf Masruh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mengatakan, ada empat jalur Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun 2022/2023 yaitu afirmasi, perpindahan tugas orang tua, prestasi dan zonasi yang akan dibuka bertahap bulan ini.

Untuk PPDB jalur afirmasi, yaitu inklusi dan mitra warga (MBR) pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 – 15 Juni 2022.

“Untuk pengumuman dan daftar ulang jalur afirmasi inklusi, akan dilaksanakan pada 16 Juni, berbeda dengan afirmasi mitra warga yang akan diumumkan tanggal 16 – 17 Juni sekaligus pendaftaran ulangnya. Itu nanti pola daftarnya ya masih sama seperti SD, kalau bukan MBR ya nggak bisa, jaraknya nanti pakai radius berapa kilometer, dan seterusnya,” kata Yusuf dalam press conference di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Kamis (9/6/2022).

Kedua, jalur perpindahan tugas orang tua akan dilaksanakan pada 14 – 15 Juni 2022. Ketentuannya, kata Yusuf, peserta didik diminta untuk mendaftar secara online dengan melampirkan dokumen asli, seperti surat keputusan pindah tugas KK dan akta lahir serta bukti pendataan penduduk non permanen.

“Harus memilih 1 sekolah sesuai zonasi. Seleksi berdasarkan jarak tempat tinggal, jika ada kesamaan antara sekolah dan tempat tinggal, maka diprioritaskan kepada CPBD yang mendaftar lebih awal,” jelasnya.

Sedangkan pengumuman pada tanggal 16 Juni 2022, dan daftar ulang dilaksanakan esok harinya, 17 Juni 2022.

Jalur ketiga, jalur prestasi nilai rapor dan prestasi perlombaan pendaftarannya dimulai dari tanggal 16 – 20 Juni 2022.

“Ketentuan bagi siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi nilai rapor sekolah yakni maksimal diperbolehkan memilih 2 sekolah dalam atau di luar zonasi. Seleksi dilakukan dengan perankingan akumulasi rata-rata nilai rapor,” ujar Yusuf.

Timeline pendaftaran PPDB SMP Negeri Surabaya tahun 2022/2023. Foto: smp.ppdbsurabaya.net

“Apabila ada kesamaan NRS, akan diprioritaskan yang lebih tinggi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, jika masih terdapat kesamaan, maka menggunakan nilai Matematika, jika masih ada kesamaan, selanjutkan menggunakan nilai IPA dan apabila ada kesamaan menggunakan urutan waktu pendaftaran,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pendaftaran PPDB jalur prestasi perlombaan/pertandingan khusus KK Kota Surabaya, pendaftar harus mencantumkan piagam/sertifikat kejuaraan, surat izin/keterangan dari sekolah/klub/instansi pada saat mengikuti perlombaan/pertandingan dan foto penyerahan hadiah/piala/medali kejuaraan.

“Kejuaraan yang diakui diraih paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak pendaftaran PPDB, dapat mendaftar 2 pilihan sekolah di dalam atau di luar wilayah zonasi. Penilaian jalur prestasi perlombaan/pertandingan dihitung berdasarkan bobot nilai dikalikan dengan jumlah prestasi yang dimiliki. Apabila ada kesamaan bobot nilai, maka prioritas kepada pendaftar awal,” jelasnya.

Verifikasi jalur zonasi dimulai pada tanggal 17-22 Juni 2022. Lalu untuk pendaftaran akan dimulai pada tanggal 23 – 25 Juni dan diumumkan pada 26 Juni.

“Calon siswa diperkenankan untuk memilih dua sekolah terdekat sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan, sebagai pilihan 1 dan 2. Bukan itu saja, seleksi berdasarkan jarak dan kesamaan jarak juga akan diprioritaskan berdasarkan usia dan jika masih terdapat kesamaan, maka diprioritaskan kepada yang mendaftar lebih awal. Lantas daftar ulangnya mulai 26 – 27 Juni 2022,” pungkas Yusuf.

Seluruh proses pendaftaran PPDB siswa SMP se-Surabaya bisa dilihat di website ppdb.surabaya.go.id (man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs