Jumat, 26 April 2024

Isak Tangis Haru Iringi Pemakaman Seniman Ludruk Legendaris Cak Sapari

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Anak-anak dan keluarga Cak Sapari saat menabur bunga di pemakaman, Kamis (15/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.ney

Isak tangis haru turut mengiringi proses pemakaman Cak Sapari, seniman ludruk legendaris asal Surabaya yang menghembuskan nafas terakhirnya, pada Kamis (15/9/2022) subuh, sekitar pukul 04.30 WIB.

Usai dimandikan sekitar pukul 08.00 WIB, jenazah Cak Sapari langsung dishalatkan di Masjid Nururrahmah Jalan Simo Mulyo Baru, dan selanjutnya dibawa di pemakaman umum Dukuh Kupang 15 sekitar pukul 09.45 WIB, untuk langsung dikebumikan.

Jenazah Cak Sapari disalatkan di Masjid Nururrahmah, Kamis (15/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puluhan orang mulai seniman, rekan-rekan, mau pun keluarga turut mengantar kepulangan Cak Sapari untuk selama-lamanya. Tangis haru juga terus menetes di wajah keempat anak-anak Cak Sapari yang mengantarkan jenazah sang ayah di tempat peristirahatan terakhir.

Usai dishalatkan, Jenazah Cak Sapari akan dimakamkan, Kamis (15/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Suara parau Pendik, anak ketiga Cak Sapari terdengar saat mengumandangkan azan sesaat sebelum jenazah Ayahnya resmi dikebumikan. Dibantu Anwar dan Dani adiknya, satu per satu bantalan kayu diturunkan dan menutup seluruh tubuh jenazah Cak Sapari yang sudah berbalut kain kafan.

Dani, anak kelima sekaligus terakhir tidak kuasa menahan tangisnya sambil membawa jenazah ayahnya di liang lahat.

Dani, anak kelima sekaligus terakhir Cak Sapari, seniman ludruk legendaris yang meninggal dunia, Kamis (15/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Saya tuntun terus tadi La Ilaha Ilallah terus. Saya dulang (suapi) sedikit-sedikit,” ujar Dani pada suarasurabaya.net, sesaat setelah memakamkan Ayahnya di pemakaman Dukuh Kupang 15.

Begitu juga Yuli anak pertama sekaligus satu-satunya putri Cak Sapari yang tidak sanggup menutupi kesedihannya, saat menabur bunga usai mendiang dimakamkan.

Anak dan keluarga Cak Sapari terus mengusap air mata usai jenazah almarhum dimakamkan, Kamis (15/9/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hingga pemakaman usai, kawan-kawan seniman masih terus berdatangan seperti Djadi Galajapo, Kartolo, Robet Bayonet, Ipul, dan sebagainya. Terlihat pula Wiwiek Widayati Kadisbudporapar Kota Surabaya yang datang saat ustad memimpin doa usai pemakaman.

Untuk diketahui, Jenazah Cak Sapari dikebumikan bersebelahan dengan makam adiknya di Dukuh Kupang 15 Kota Surabaya. (lta/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs