Jumat, 26 April 2024

Cak Sapari Seniman Ludruk Legendaris Surabaya Meninggal Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Cak Kartolo (kanan) dan Cak Sapari (kiri) seniman ludruk legendaris Surabaya. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Cak Sapari, salah satu seniman ludruk legendaris asal Kota Surabaya, dikabarkan telah meninggal dunia pada Kamis (15/9/2022) subuh, sekitar pukul 04.30 WIB.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Dani, anak dari mendiang Cak Sapari, saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Kamis pagi.

“Bapak meninggal dunia mbak… doanya ya,” tulisnya.

Seniman ludruk legendaris kelahiran 5 Juli 1948 itu, diketahui sebelumnya telah menderita penyakit diabetes dan harus berkali-kali dirawat di rumah sakit selama kurun waktu lima tahun terakhir. Kondisi itu dilakoninya di sela-sela aktivitas pentas yang sangat padat sebagai bagian dari Kartolo Cs.

Berpulangnya Cak Sapari, juga mendapat perhatian khusus dan ucapan belasungkawa dari banyak pihak, tak terkecuali Cak Kartolo sendiri, salah satu tandem setia Cak Sapari.

“Tiga hari ini saya selalu ke rumah Cak Sapari, beliau sudah tidak bisa ngomong. Cuman lihat-lihat saja bisanya, maklum selain sakit usianya juga sepuh,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Cak Kartolo menyebut, Cak Sapari sebagai sosok tangguh yang tak tergantikan, bahkan lima tahun terakhir saat kondisinya sedikit lebih sehat, masih menyempatkan diri untuk manggung bahkan bermain film layar lebar.

“Terakhir itu main film ‘Lara Ati’. Waktu itu sudah tidak kuat aslinya, karena penyakit gula, tenaganya sudah habis. Tapi beliau terus berupaya menyelesaikan,” jelasnya. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs