Jumat, 29 Maret 2024

ITS Kenalkan Robot Kecerdasan Buatan ke Siswa Sekolah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pengenalan robot tari dari Tim -Rose ITS kepada siswa-siswi SD dalam kegiatan Visitasi Robot di Gedung Pusat Robotika ITS, Sabtu (25/6/2022). Foto: Humas ITS

Sebagai tuan rumah kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ingin mengenalkan dunia robotika ke kalangan yang lebih luas. Salah satunya
melalui kegiatan Visitasi Robot untuk mengenalkan dunia robotika bagi siswa sekolah mulai jenjang SD, SMP, dan SMA di Gedung Pusat Robotika ITS, selama dua hari hingga Minggu (26/6/2022) besok.

Dr Imam Abadi Direktur Kemahasiswaan ITS dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (25/6/2022) mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan ITS kepada siswa-siswi sejak dini. Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan KRI 2022 dan memanfaatkan adanya jeda waktu dalam pelaksanaannya.

“Visitasi robot ini untuk menumbuhkan semangat dan ide di kalangan siswa SD, SMP, dan SMA,” ungkap dosen Teknik Fisika ITS itu.

Lebih lanjut, Imam Abadi menjelaskan bahwa teknologi robot di masa depan pasti akan memegang peranan yang penting. Hal itu pastinya tidak akan lepas dari perkembangan Artificial Intelligence (AI) di berbagai bidang, seperti transportasi, medis, dan pembangunan infrastruktur.

“ITS sudah mengembangkan i-Car dan i-Boat untuk mendukung kemajuan teknologi di bidang tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Fiqey Indriati Eka Sari Ketua Pelaksana Visitasi Robot menjelaskan, kegiatan tersebut dimulai dengan pengenalan robot-robot yang ada di ITS, dengan pemaparan tentang setiap robot oleh Tim Robotika ITS. “Banyak robot yang dimiliki ITS, tetapi yang dapat hadir dan ditampilkan saat ini ada enam jenis robot,” ungkapnya.

Mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS yang kerap disapa Fiqey ini mengatakan, bahwa robot yang ditampilkan pada kegiatan tersebut antara lain robot pemadam kebakaran dari Tim Abinara, robot dalam air dari Tim Banyubramanta, dan robot sepak bola humanoid dari Tim Ichiro. Selain itu ada juga robot tari dari Tim V-Rose, robot terbang dari Tim Bayucaraka, dan robot sepak bola beroda dari Tim IRIS.

Pengenalan robot terbang dari Tim Bayucaraka ITS kepada para siswa SD, Sabtu (25/6/2022). Foto: Humas ITS

Ia menuturkan, hari pertama kegiatan visitasi digelar khusus untuk siswa-siswi tingkat SD. Sementara hari kedua ditujukan untuk siswa-siswi tingkat SMP dan SMA. “Meskipun dilaksanakan dua hari, tetapi tidak ada perbedaan bentuk kegiatan antar keduanya,” tambahnya.

Fiqey berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, siswa-siswi SD, SMP, dan SMA bisa mengenal berbagai robot, terutama yang ada di ITS. Dengan demikian, diharapkan pula dapat termotivasi dan mengembangkan kreativitasnya terutama di bidang robotika.

“Semoga ke depannya kami bisa menyelenggarakan kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs