Kamis, 30 Juni 2022

Jasa Marga Siapkan Gardu Miring di Gate Tol Wilayah Jatim Untuk Antisipasi Arus Mudik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Oblique Approach Booth (OAB) atau lebih dikenal gardu miring. Foto: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, telah mempersiapkan berbagai strategi dan kesiapan layanan operasi jalan Tol untuk mengawal pelaksanaan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1443 H

PT Jasa Marga, berencana untuk menambah kapasitas Gate Tol dengan oblique approach booth (OAB) atau yang lebih dikenal dengan gardu miring, pada beberapa gate di ruas tol wilayah Jawa Timur, untuk membantu percepatan kendaraan memasuki tol.

Hendri Taufik General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Transjawa Tollroad (GM RO 3 JTTRD) pada Radio Suara Surabaya Rabu (20/4/2022) mengatakan, nantinya gardu miring tersebut akan menggunakan E-tol agar lebih cepat, sehingga tidak terjadi penumpukan.

Secara fisik di lapangan, Hendri menyebut saat ini kesiapan penambahan gardu miring tersebut sudah sekitar 90 persen. Program penambahan gardu ini ditargetkan akan selesai secepatnya, sebelum masa arus mudik lebaran.

“Jadi untuk pelayanan mudik, kami ada fokus memang di beberapa ruas tol seperti tadi di Sidoarjo, Kejapanan dan sebagainya. Targetnya, sebelum H-3 arus mudik kira-kira tanggal 28 April 2022 seluruh kesiapannya sudah selesai,” jelasnya.

PT Jasa Marga akan melakukan penambahan gardu miring, yang awalnya empat gate menjadi tujuh dan seterusnya, menyesuaikan kebutuhan masing-masing Gate Tol.

Beberapa gate yang akan dilakukan penambahan, yakni Gate Tol Sidoarjo, Waru, Kejapanan, dan beberapa gate di wilayah lainnya.

“Program itu sebenarnya juga sebagai upaya kita untuk upgrade sistem peralatan tol. yang dulu pakai kitir (sistem manual) sekarang mulai pakai E-tol,” terangnya.

Selain itu, Lanjut Hendri, penambahan gardu tersebut juga menyesuaikan kondisi lalu lintas yang saat ini mulai kembali seperti masa sebelum pandemi.

“Volume pengguna tol bahkan bisa lebih banyak dari sebelum masa normal,” paparnya.

Sementara itu terkait padamnya lampu penerangan jalan umum (PJU) yang terjadi di beberapa ruas jalan tol, saat ini pihak Jasa Marga sedang melakukan perbaikan di titik-titik tertentu. (bil/rst)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
32o
Kurs