Jumat, 29 Maret 2024

Jelang Malam Tahun Baru, DLH Surabaya Terjunkan Petugas Kebersihan dan Truk Pengangkut Sampah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Proses karung dan sampah hasil kerja bakti "Surabaya Bergerak" di Jalan Kutai Surabaya, dinaikan ke truk milik DLH Surabaya, Minggu (13/11/2022). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya akan menerjunkan sebanyak 500 orang petugas kebersihan dan delapan truk pengangkut sampah dalam perayaan malam Tahun Baru 2023.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menyebut, usai dua tahun pandemi tanpa perayaan, Tahun Baru kali ini kembali menyiapkan petugas kebersihan.

“500 orang. Kami menyediakan angkutan truk ada 8 dump truck di lima lokasi, Surabaya pusat, utara, timur, barat, selatan,” kata Hebi sapaan akrabnya dikonfirmasi suarasurabaya.net, Kamis (29/12/2022).

Ratusan petugas itu diterjunkan di titik-titik lokasi bekas keramaian. Pembersihan baru akan dimulai sekitar pukul 02.00-03.00 WIB.

“Mulai pembersihan jam 2 atau jam 3, kita sisir mulai Jalan Diponegoro, semua kita sisir jalan-jalan, protokol-protokol. Agar, jam setengah 7 sesuai SOP sudah harus bersih,” imbuhnya.

Pengalaman beberapa tahun sebelum pandemi, tempat-tempat wisata maupun taman masih aktif ramai hingga dini hari. Begitu juga usai perayaan malam pergantian tahun, lanjut Hebi, banyak sampah yang sengaja ditinggalkan di lokasi.

“Kita tidak bisa langsung jam 12 (malam) dibersihin. Karena susah, masih banyak orang. Kita mulai jam 3 (pagi). Itu pun tahun-tahun lalu belum selesai, setengah 5 (baru selesai) biasanya. Biasanya itu 8 truk terisi separuh-separuh. Sampahnya, plastik-plastik, bungkus makanan, minuman, itu terompet juga,” paparnya.

Meski begitu, Hebi mengimbau warga Surabaya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa unit tempat sampah dan toilet portabel, lanjutnya, akan ditambahkan ke beberapa lokasi keramaian.

“Imbauannya warga Surabaya silakan menikmati tahun baru tanpa sampah. Rencana tahun baru, titik-titiknya masih kita koordinasikan dengan satpol PP. (Untuk penempatan tempat sampah dan toilet portabel) yang jelas tempat-tempat wisata Jembatan Suroboyo, Taman Bungkul, Alun-Alun Kota Surabaya, Taman Cahaya, dan taman-taman aktif lain,” beber Hebi.

Menindaklanjuti itu, Arif Rusman Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Surabaya menambahkan, toilet portabel dan sejumlah tempat sampah tambahan akan dikirimkan ke setiap lokasi pada Sabtu (31/12/2022) nanti.

“Sabtu dikirim. Taman aktif paling ditambahi lima masing-masing,” kata Arif dihubungi terpisah.

Meski semua taman aktif atau tempat wisata sudah tersedia toilet dan tong sampah, kata Arif, akan tetap diberi tambahan khusus saat malam tahun baru.

“Taman aktif sudah ada toilet dan tong sampah,” imbuhnya.

Belum tahu pasti berapa jumlah yang akan didistribusikan. Penambahan di setiap lokasi berbeda-beda, mulai satuan hingga puluhan.

“Di KBS kita tambahi 20-25an tong sampah, toilet mobile lihat situasi. Alun-Alun kami kasih dua (toilet portabel). Tong sampah juga kita siapkan 10-15 unit. Jembatan Suroboyo sudah ada toilet portabel yang standby empat di sana, tong sampah juga,” pungkasnya. (lta/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs