Rabu, 24 April 2024

Jelang Peresmian, BIN Persiapkan Asrama Mahasiswa Nusantara Secara Optimal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya. Foto: Istimewa

Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) rencananya dilakukan oleh Joko Widodo Presiden RI pada Selasa (29/11/2022). Badan Intelijen Negara (BIN) telah mempersiapkan fasilitas pendidikan tersebut secra optimal. Selain itu juga akan terlibat dalam pembinaan mahasiswa AMN.

AMN selain sebagai tempat hunian sementara mahasiswa dari berbagai wilayah, AMN juga sebagai tempat pembinaan mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru nusantara.

Kegiatan pembinaan akan dilaksanakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan bersama dengan BIN.

Pembinaan mahasiswa yang menghuni AMN dilakukan oleh BIN bertujuan untuk peningkatan kompetensi dan pemahaman mengenai, wawasan kebangsaan, kewarganegaraan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan.

“Selain sebagai hunian bagi mahasiswa penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya didukung oleh Badan Intelijen Negara (BIN),” kata Diana Kusumastuti Dirjen Cipta Karya, dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (28/11/2022).

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, AMN pertama di Indonesia ini adalah miniatur bagi penggodokan calon pemimpin yang berwawasan nusantara berkarakter Bhinneka Tunggal Ika.

“Jadi ini diharapkan menjadi miniatur penggodokan calon pemimpin yang berwawasan Nusantara berkarakter Bhinneka Tunggal Ika. Mereka bisa saling memberikan apresiasi dari perbedaan serta keberagaman masing-masing suku adat bahasa dan agama dari masing-masing mahasiswa,” kata Khofifah.

Pembangunan AMN mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 dengan tujuan sebagai wadah pembinaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda di tingkat perguruan tinggi.

Sebagaimana tercantum dalam Perpres tersebut, Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) adalah wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari berbagai perguruan tinggi.

Pembangunan AMN yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur dimulai sejak September 2021 dan telah rampung pada Mei 2022. , AMN yang akan diresmikan oleh Joko Widodo Presiden telah dipersiapkan secara maksimal oleh BIN sehingga diharapkan peresmian dapat berjalan lancar, sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jenderal Polisi Budi Gunawan Kepala BIN mengatakan, BIN bertugas dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, guna menjamin suksesnya pembangunan nasional. Sehingga sudah sepatutnya terlibat dalam program pembinaan generasi muda sebagai wujud pembangunan manusia seutuhnya dalam mempersiapkan generasi muda yang tangguh berwawasan karakter Pancasila dan kebangsaan atau kenusantaraan.(bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs