Sabtu, 20 Agustus 2022

Jenazah Eril Ditemukan, Akan Dikebumikan Sesuai Syariat Islam

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Emmeril Kahn Mumtadz, putra Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Foto: Instagram Ridwan Kamil

Jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril, putra sulung Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang berhasil ditemukan oleh Kepolisian Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat atau 11.50 WIB, akan segera dikebumikan sesuai syariat Islam.

Ini disampaikan oleh Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil yang berada di Swiss dalam konferensi pers virtual bersama Muliaman Hadad Duta Besar Indonesia di Swiss yang dipantau suarasurabaya.net, Kamis (9/6/2022).

“Keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian menyempurnakan hak Eril sebagai muslim di antaranya disucikan, dikafani, disalatkan dan dimakamkan sesuai syariat Islam,” kata Elpi.

Elpi belum dapat memastikan kapan jenazah Eril tiba di Indonesia karena saat ini keluarga sedang mengurus proses administrasi usai dilakukan serah terima dari pengadilan setempat.

“Harapan kami bisa tiba setidaknya hari Ahad (Minggu),” ujarnya.

Muliaman Hadad dalam kesempatan tersebut menyampaikan KBRI Bern akan membantu pengurusan repatriasi Eril ke Tanah Air.

“Setibanya di Jakarta, Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan Eril di Bandara Soekarno Hatta,” ujarnya.

Muliaman juga menjelaskan kronologi penemuan jenazah Eril yang dinyatakan hilang sejak 26 Mei lalu yang berhasil ditemukan Kepolisian Bern, Swiss pada hari Rabu (8/6/2022).

“Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar Eril,” kata Muliaman,

Lalu pada Kamis siang pukul 13.45 waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa berdasarkan hasil tes DNA jasad yang ditemukan adalah benar Eril.

Selanjutnya, lanjut Muliaman, sesuai prosedur hukum yang berlaku kepolisian menyiapkan berbagai berkas yang diperlukan sebelum jenazah Eril diserahkan ke keluarga.

“Dua jam lalu pengadilan telah memberikan kepada keluarga untuk menerima jasad Eril,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
24o
Kurs