Minggu, 29 Januari 2023

Joe Biden Berencana Bicara pada Xi Jinping di Tengah Ketegangan AS-China

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden Presiden AS saat berbincang secara virtual dengan Xi Jinping Presiden China secara virtual, pada 2021 lalu. Foto: Dok/ Reuters

Joe Biden Presiden AS berencana berbicara dengan Xi Jinping Presiden China dalam beberapa hari mendatang, pada saat kedua negara sedang mengalami ketegangan yang memanas.

“Saya pikir saya akan berbicara dengan Xi Presiden dalam sepuluh hari ke depan,” kata Biden kepada wartawan saat kembali dari perjalanan terkait iklim ke Massachusetts, dikutip Antara dari Reuters, Kamis (21/7/2022).

Panggilan yang telah lama direncanakan antara kedua pemimpin itu akan datang pada saat yang genting, mengingat ketegangan yang sedang berlangsung atas status Taiwan.

Ketegangan itu juga dipicu oleh pemerintahan Biden menaikkan pajak atau bea barang-barang yang diimpor dari China, untuk membantu mengurangi tekanan inflasi pada konsumen Amerika.

Presiden AS menyatakan keraguannya soal rencana perjalanan yang konon, akan dilakukan oleh Nancy Pelosi Ketua DPR AS untuk mengunjungi Taiwan bulan depan.

“Saya pikir militer menganggap itu bukan ide yang baik sekarang, tetapi saya tidak tahu apa status perjalanan itu,” jelas Biden. (ant/rst)

Berita Terkait