Sabtu, 20 April 2024

Joe Biden Positif Covid-19 Lagi Tiga Hari Sesudah Dinyatakan Negatif

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kandidat presiden dari Partai Demokrat dan mantan Wakil Presiden Joe Biden berbicara pada hari Jumat, 6 November 2020, di Wilmington, Foto: AP/Carolyn Kaster

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS), hari Sabtu (30/7/2022) kembali dinyatakan positif Covid-19. Padahal, dia baru saja selesai menjalani isolasi pada Rabu (27/7/2022) dan hasil tesnya dinyatakan negatif.

Dilansir Antara, Minggu (31/7/2022), Biden akan kembali menjalani isolasi ketat dan membatalkan rencana perjalanan ke kediamannya di daerah Wilmingtonz serta kunjungan ke Michigan.

Biden (79 tahun) pada 21 Juli 2022 dinyatakan positif terkena Covid-19. Pada waktu itu, dia mengatakan baik-baik saja. Bahkan, hari Kamis (28/7/2022), dia sempat menghadiri acara publik.

Dokter Kevin O’Connor di Gedung Putih menggambarkan apa yang dialami Biden sebagai kasus ‘pantulan’, yang terjadi pada sejumlah kecil pasien yang meminum obat antiviral Paxlovid.

Paxlovid adalah obat antiviral buatan Pfizer Inc untuk menangani pasien berisiko tinggi, seperti kalangan lansia.

Sampai sekarang, tidak ada rencana Biden dirawat di rumah sakit, karena tidak menunjukkan gejala sakit. Berbeda dengan kasus positif yang dialami sebelumnya, Biden mengalami gejala ringan.

Tidak hanya pada Biden, kasus Covid-19 yang memantul juga dialami Dokter Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS. Gejala yang dialami Fauci memburuk setelah perawatan, sehingga dokter meresepkan dosis Paxlovid.

Sementara itu, menurut beberapa penelitian, Covid-19 pada sebagian kecil pasien yang menggunakan Paxlovid, akan kambuh atau memantul. Kondisi tersebut, akan terjadi beberapa hari setelah perawatan selama lima hari berakhir.(ant/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs