Kamis, 28 Maret 2024

Joko Widodo Akan Berkemah di Titik Nol IKN Senin 14 Maret

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat meninjau IKN pada 2019 lalu. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dijadwalkan berkemah dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bersama lima gubernur se-Kalimantan pada Senin, 14 Maret 2022.

“33 gubernur diagendakan hadir ke lokasi berkemah bersama Presiden,” ujar HM Syafranuddin Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, di Penajam, Sabtu (12/3/2022).

“Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara,” katanya lagi.

Antara melaporkan, para gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara tersebut, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Jokowi Presiden juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

“Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14/3/2022), Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13/3/2022), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu,” ujarnya pula.

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, di antaranya fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

“Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan, pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan,” kata HM Syafranuddin.(ant/dfn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs