Jumat, 26 April 2024

Jokowi Ingatkan Perwira Calon Pemimpin TNI-Polri Memberikan yang Terbaik untuk Ibu Pertiwi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyampaikan pidato dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Tahun 2022 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (14/7/2022). Foto: Tangkapan layar Youtube Kesekretariatan Presiden

Joko Widodo Presiden, Kamis (14/7/2022) pagi hari ini, mengambil sumpah ratusan orang perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri tahun ini berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan perwira remaja lulusan 2022, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/TNI Tahun 2022, dan Keppres Nomor 45/Polri Tahun 2022, tentang pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Akademi Kepolisian, menjadi Perwira TNI dan Polri.

Dalam pidato amanatnya, Jokowi Presiden menyadari perjuangan untuk lulus pendidikan bukan hal yang gampang. Tapi, Kepala Negara mengingatkan prestasi itu bisa tercapai atas pengorbanan orangtua, serta dukungan Negara.

Maka dari itu, Presiden minta para perwira calon pemimpin di institusi TNI dan Polri memberikan yang terbaik buat Ibu Pertiwi, dan selalu berbakti kepada orangtua.

“Kehormatan yang Saudara raih hari ini bukanlah hasil jerih payah Saudara-saudara sendiri. Tanpa pengorbanan dari para orangtua Saudara, tanpa dukungan Negara, Saudara bukanlah siapa-siapa. Oleh karena itu, berjanjilah kepada Ibu Pertiwi untuk memberikan yang terbaik, berbaktilah kepada orangtua Saudara serta mohon doa dan restunya,” ucap Presiden.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada tiga orang Perwira TNI, dan seorang Perwira Polri yang berstatus lulusan terbaik.

Masing-masing penerima penghargaan yaitu; Letnan Dua Infanteri Rafi Naufal Arfiansyah Sarjana Terapan Pertahanan, sebagai penerima Adhi Makayasa Akademi Militer TNI AD.

Kemudian, Letnan Dua Laut Pelaut Elang Triasti Fitrananda Sarjana Terapan Pertahanan, lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut tahun ini.

Selanjutnya, Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya Sarjana Terapan Pertahanan, penerima Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara.

Terakhir, Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho Sarjana Terapan Kepolisian, lulusan terbaik Akademi Kepolisian tahun 2022. (rid/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs