Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Melantik Ratusan Perwira Remaja TNI-Polri Angkatan 2022

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyematkan pangkat kepada perwakilan Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia-Polri tahun 2022 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (14/7/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Kamis (14/7/2022), mengambil sumpah ratusan orang perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri tahun ini, berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan perwira remaja lulusan 2022, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/TNI Tahun 2022, dan Keppres Nomor 45/Polri Tahun 2022, tentang pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia serta Akademi Kepolisian menjadi Perwira TNI dan Perwira Polri.

Para perwira remaja TNI yang hadir bersama-sama mengucapkan sumpah/janji menegakkan harkat dan martabat perwira, serta menjunjung tinggi Sumpah Prajurit dan Sapta Marga.

Sedangkan perwira remaja Polri bersumpah menegakkan harkat dan martabat perwira, serta menjunjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetya.

Dalam pidato amanatnya, Kepala Negara menyampaikan sejumlah harapan kepada para calon pemimpin TNI-Polri. Salah satunya, selalu siap menghadapi berbagai tantangan seiring perkembangan zaman.

“Atas nama pribadi, masyarakat, Bangsa, dan Negara, saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan Saudara-saudara para perwira, para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri. Saya sangat paham, untuk bisa dilantik hari ini perjuangan Saudara-saudara sangatlah berat dan panjang. Saudara-saudara adalah insan muda yang terpilih, insan muda yang teruji, yang sigap dan terampil dalam menghadapi segala tantangan-tantangan. Oleh karena itu, saya berharap kepada Saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada tiga orang Perwira TNI dan seorang Perwira Polri yang berstatus lulusan terbaik.

Masing-masing penerima penghargaan yaitu; Letnan Dua Infanteri Rafi Naufal Arfiansyah Sarjana Terapan Pertahanan, sebagai penerima Adhi Makayasa Akademi Militer TNI AD.

Kemudian, Letnan Dua Laut Pelaut Elang Triasti Fitrananda Sarjana Terapan Pertahanan, lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut tahun ini.

Selanjutnya, Letnan Dua Penerbang Jeremia Zopi Pramudya Sarjana Terapan Pertahanan, penerima Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara.

Terakhir, Inspektur Polisi Dua Adira Rizki Nugroho Sarjana Terapan Kepolisian, lulusan terbaik Akademi Kepolisian tahun 2022. (rid/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs