Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi Kirim Bantuan Indonesia untuk Rakyat Pakistan yang Terkena Dampak Banjir dan Tanah Longsor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memeriksa sejumlah paket bantuan Pemerintah Indonesia yang akan dikirim ke Pakistan, di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (26/9/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pada Senin (26/9/2022) siang, mengirim bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di Pakistan.

Pengiriman bantuan itu secara simbolis dilakukan Presiden di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum berangkat kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jokowi menjelaskan, Indonesia memberikan satu juta Dollar AS atau setara Rp15 miliar, serta kebutuhan dasar untuk meringankan beban masyarakat.

“Atas nama pribadi dan juga atas nama Rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pakistan,” ujarnya.

Kepala Negara berharap bantuan itu bisa mempercepat penanganan dan pemulihan pascabencana. Sehingga, Warga Pakistan bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Lebih lanjut, Jokowi bilang Pemerintah Indonesia juga siap mengirimkan tenaga kesehatan.

“Seusai permintaan Pemerintah Pakistan, saya juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera akan dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak bencana,” tegasnya.

Seperti diketahui, banjir dan tanah longsor di Pakistan terjadi dari bulan Juni 2022 akibat hujan monsun dan gletser yang mencair.

Imbasnya, banyak lahan pertanian, sekolah, fasilitas umum, rumah tinggal, serta infrastruktur mengalami kerusakan. Sekarang, lebih dari 800 ribu orang terpaksa mengungsi.

Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional Pakistan dalam rilis terbarunya menyatakan, banjir dan tanah longsor menyebabkan 1.486 orang meninggal dunia termasuk 530 anak-anak.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs