Jumat, 26 April 2024

Jokowi: Kunjungan ke Ukraina Bentuk Kepedulian Rakyat Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina menerima kunjungan Jokowi Presiden RI, Rabu (29/6/2022), di Kiev, Ukraina. Foto: Bieo Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI menjadi pemimpin negara Asia pertama yang bertemu Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina, di masa perang dengan Rusia.

Pertemuan bersejarah antara Jokowi dengan Zelensky terjadi di Istana Maryinsky, Kota Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden RI menyatakan kunjungannya ke Ukraina merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujarnya dalam keterangan pers bersama Zelensky selepas pertemuan.

Jokowi menegaskan, posisi Indonesia sangat tegas menyangkut urusan penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Walau tidak mudah, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan pentingnya penyelesaian damai, dan jangan sampai semangat perdamaian luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan.

Dengan kemampuan yang ada, Rakyat dan Pemerintah Indonesia berusaha memberikan bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kiev.

Lebih lanjut, Presiden Indonesia juga menyampaikan pentingnya Ukraina dalam rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan supaya Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan undangan langsung kepada Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali.

Presiden juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” tegasnya.

Sementara itu, Zelensky menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Joko Widodo yang tercatat sebagai kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” katanya.

Sesudah pertemuan itu, Jokowi Presiden bersama Iriana Ibu Negara dan rombongan terbatas kembali naik kereta api khusus menuju Polandia

Kemudian, Presiden RI punya agenda bertemu Vladimir Putin Presiden Rusia , di Kota Moskow.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs