Sabtu, 21 Mei 2022

Jokowi Pilih Nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pra-desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta. Foto: Youtube

Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas mengungkapkan, Nusantara nama Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Nusantara, kata Suharso, merupakan nama yang dipilih Joko Widodo Presiden, dari sekitar 80 nama yang masuk dalam daftar usulan.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bappenas, pada Senin (17/1/2022), dalam forum Rapat Panitia Khusus Rancangan Ibu Kota Negara IKN (RUU IKN), di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Saya mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada Jumat lalu. Presiden mengatakan ibu kota negara namanya Nusantara,” ujarnya.

Selain Nusantara, dalam daftar usulan ada sejumlah nama antara lain Negara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwi Pura, Wana Pura, dan Cakrawala Pura.

Menurut Suharso, nama Nusantara dipilih Jokowi karena sudah lama dikenal masyarakat, baik dalam mau pun luar negeri. Sehingga, nama itu bisa menjadi ikon Indonesia.

Nama Nusantara juga dinilai mewakili keberagaman suku bangsa yang ada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam proses pemberian nama itu, Kementerian PPN, lanjut Suharso, meminta masukan ahli sejarah dan ahli bahasa untuk memberikan pengetahuan terkait nama-nama calon Ibu Kota Negara.

Sekadar informasi, pembahasan RUU IKN ditargetkan selesai bulan Januari 2022.

Pemerintah bersama DPR RI selaku pembentuk undang-undang melibatkan berbagai pihak termasuk para akademisi untuk menyempurnakan rancangan regulasi tersebut.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs