Jumat, 26 April 2024

Jokowi Presiden Luncurkan Vaksin Covid-19 IndoVac Produksi Dalam Negeri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dalam kunjungan kerja, Kamis (13/10/2022), di Bandung, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (13/10/2022), meluncurkan vaksin Covid-19 IndoVac, di Pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.

Peluncuran vaksin buatan dalam negeri tersebut ditandai dengan penyuntikan perdana kepada warga masyarakat di lokasi acara.

Kegiatan itu merupakan salah satu agenda dalam rangkaian kunjungan kerja RI 1, di Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, tanggal 24 September 2022, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat Vaksin IndoVac.

Vaksin Covid-19 dengan platform rekombinan protein subunit itu dikembangkan PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat.

Penny Kusumastuti Lukito Kepala BPOM mengatakan, sebelum menerbitkan izin penggunaan darurat Vaksin IndoVac, pihaknya lebih dulu melakukan evaluasi.

Antara lain, dari aspek khasiat, keamanan, dan mutu yang mengacu pada standar evaluasi vaksin Covid-19 internasional, serta evaluasi aspek pemenuhan Cara Pembuatan Obat yang Baik.

Berdasarkan hasil uji klinik, Vaksin IndoVac efektif mencegah infeksi Covid-19 yang disebabkan Virus SARS CoV-2 pada individu berusia 18 tahun ke atas.

Efek samping yang paling sering dilaporkan individu sesudah menerima suntikan Vaksin IndoVac yaitu nyeri lokal dan nyeri otot.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs