Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden Memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersama Ma'ruf Amin Wakil Presiden memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Rabu (17/8/2022) dini hari. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, Rabu (17/8/2022) dini hari, memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta.

Acara yang digelar tepat pukul 00.00 WIB tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Setibanya di lokasi, Presiden bersama Ma’ruf Amin Wakil Presiden melakukan penghormatan di gerbang TMP Kalibata. Selanjutnya, Jokowi selaku inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci.

Pada momen itu, Kepala Negara memberikan penghormatan tertinggi buat 10.257 pahlawan yang sudah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga membela Indonesia dan meneruskan perjuangan.

Rinciannya, sebanyak 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, 904 pahlawan dari Badan Perjuangan, 69 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal yang bersemayam di TMP Kalibata.

Jokowi Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan dari seluruh pelosok Tanah Air yang tidak dikenal, baik nama mau pun tempatnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendoakan supaya para pahlawan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta. Sedangkan doa bersama dipandu Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama.

Sebelum meninggalkan TMP Kalibata, Presiden melakukan penghormatan terakhir buat para pahlawan.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs