Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Presiden Sebut Bansos Akan Ditambah Jika APBN Berlebih

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Jokowi Presiden di Kantor Pos Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Joko Widodo (Jokowi) Presiden mengatakan jika terdapat kelebihan dana di APBN, maka pemerintah bisa kembali menambah bantuan sosial (bansos).

“Nanti kalau APBN ada kelebihan lagi akan ditambahkan, ya,” kata Presiden.

Hal itu disampaikan Jokowi Presiden saat menyerahkan bansos kepada penerima manfaat di Kantor Pos Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022), sebagaimana keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang dikutip dari Antara.

Bantuan sosial yang diserahkan oleh Presiden yaitu bantuan masyarakat dari Presiden sebesar Rp1,2 juta, bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk September dan Oktober sebesar Rp300 ribu, dan bantuan sembako.

“Jadi ini dapat amplop kan, dapat amplop Presiden ini, sudah terima semua ya? Ini isinya Rp1,2 juta, tambah yang satunya lagi BLT BBM isinya Rp300 ribu, cukup?” ujar Presiden.

Presiden berpesan kepada seluruh penerima agar memanfaatkan bantuan sosial untuk hal-hal produktif.

“Saya titip ini gunakan untuk hal-hal yang produktif, untuk anak sekolah boleh, untuk gizi anak boleh. Untuk beli hand phone? Tidak boleh, ya. Jangan beli hand phone, beli pulsa, beli baju baru, jangan dulu,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, di Kabupaten Halmahera Barat terdapat 11.466 keluarga penerima manfaat (KPM) BLT BBM. Realisasi penyaluran BLT BBM di Kabupaten Halmahera Barat sendiri telah mencapai 76,83 persen atau sejumlah 8.847 KPM, per 26 September 2022.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan penyerahan bansos tersebut yaitu Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Abdul Ghani Kasuba Gubernur Maluku Utara, dan Djufri Muhammad Wakil Bupati Halmahera Barat.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs