Kamis, 18 April 2024

Kabupaten Kediri Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi - Varian baru virus Coronavirus, Covid-19 SARS-CoV-2. Foto: Shutterstock/Antara

Kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri naik drastis, dari sebelumnya sempat nol kasus kini mencapai 85 kasus yang terkonfirmasi positif terpapar virus tersebut.

Hanindhito Himawan Pramana Bupati Kediri meminta masyarakat terutama di Kabupaten Kediri untuk mengurangi mobilitas dan terus mematuhi protokol kesehatan (prokes), sebab saat ini kasus tersebut ada kecenderungan naik.

“Saya harus sampaikan bahwa Kabupaten Kediri sudah resmi menghadapi gelombang tiga,” kata Bupati di Kediri, Sabtu, (5/2/2022) seperti dikutip dari Antara.

Data kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri hingga 5 Februari 2022, terdapat 85 kasus aktif. Dari grafik harian, penambahan kasus 1 Februari 2022 ada enam yang terkonfirmasi positif Covid-19, tanggal 2 Februari ada delapan kasus, tanggal 3 Februari 12 kasus dan tanggal 4 Februari 2022 ada 32 kasus. Padahal, beberapa bulan sebelumnya sempat nol kasus. Misalnya, data Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri selama tiga hari berturut sejak Rabu, 15 Desember 2021 di Kabupaten Kediri nol kasus.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri itu juga telah mengeluarkan kebijakan untuk menekan penyebaran Covid-19, di antaranya untuk sementara semua tempat pariwisata baik yang dikelola Pemkab Kediri maupun swasta ditutup.

Untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) yang selama ini telah berjalan dibatasi 50 persen dari kuota siswa, serta mengurangi mobilitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan serta meniadakan car free day untuk sementara waktu.

“Sekali lagi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kediri untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker,” tuturnya.

dokter Ahmad Khotib Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menambahkan pihaknya sudah koordinasi dengan lintas sektoral menghadapi kenaikan kasus Covid-19 terutama di Kabupaten Kediri dan memastikan ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR).

Menurut dia, saat ini ketersediaan tempat tidur masih aman.

Sementara itu, untuk rumah sakit rujukan keseluruhan ada 259 tempat tidur dan 44 tempat tidur di rumah sakit nonrujukan. Pasien yang terkonfirmasi positif dengan gejala dirawat di rumah sakit.

Pihaknya juga tetap memantau pasien yang saat ini menjalani isolasi mandiri. Hal itu dilakukan guna memastikan agar penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

“Sejauh ini ada 29 orang yang dirawat di rumah sakit. Kami meminta masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan,” kata Ahmad Khotib.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs