Rabu, 1 Februari 2023

Kemenag segera Membuka Pendidikan Profesi Guru Madrasah Prajabatan 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Muhammad Zain Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. Foto: Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) segera membuka Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Madrasah Prajabatan.

Muhammad Zain Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag mengatakan, petunjuk teknis (juknis) pelaksanaannya diperkirakan selesai akhir 2022.

“Saya tergetkan akhir tahun ini juknis bisa segera launching. Sehingga, tahun depan PPG Madrasah Prajabatan bisa terlaksana,” ujarnya mengutip laman resmi Kemenag, Minggu (16/10/2022)

Perekrutan guru-guru muda potensial dan profesional yang dibekali dengan pendidikan profesi, menurut Zain, sangat diperlukan.

Pelaksanaannya mengacu pada Permendikbudristek No 15 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Dan Uji Kompetensi Pekerja Sosial.

“Kemenag akan segera menyesuaikan dengan regulasi terbaru. Perangkat regulasi pelaksanaan PPG Madrasah Prajabatan telah disiapkan, termasuk rencana pelaksanaan uji publik juknisnya,” paparnya.

Kemenag, sambung Zain, sudah membentuk tim adhoc PPG Prajabatan yang bertugas menyusun anggaran serta menyiapkan kuota peserta PPG.

Dia berharap PPG Prajabatan menjadi kesempatan baik buat mereka yang ingin berkontribusi pada kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan di madrasah.

“Bagi yang sudah lulus sarjana dan memiliki keinginan dan semangat menjadi guru, maka dapat mengikuti PPG Prajabatan,” imbuhnya.

Lulusan PPG Prajabatan nantinya memiliki berbagai keunggulan, antara lain mendapat pendidikan profesi guru sesuai bidang keilmuannya dan mendapat sertifikat pendidik.

Tapi, untuk mengikuti seleksi PPG Prajabatan, peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran yang diatur dalam juknis.

Insya Allah, juknis pelaksanan PPG Madrasah Prajabatan akan segera terbit,” tandasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait