Jumat, 14 Juni 2024

Kemenkes Perluas Area Layanan Telemedisin Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan. Foto: Biro Pers Setpres

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengatakan, layanan telemedisin untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri akan diperluas sampai luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dalam keterangan pers virtual yang dia sampaikan Senin (7/2/2022) siang, Budi mengatakan bahwa perluasan layanan telemedisin itu akan mulai berlaku pekan ini.

“Mulai minggu ini telemedisin untuk pasien Covid-19 akan diperluas layanannya,” ujar Budi Gunadi.

Nantinya, pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di daerah Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, Malang Raya, dan Denpasar bisa menggunakan layanan telemedisin.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per hari ini sudah ada sekitar 150 ribu pasien Covid-19 di area Jabodetabek yang mengakses layanan telemedisin.

Lalu, sebanyak 38 ribuan obat dan vitamin sudah terkirim ke alamat pasien positif Covid tanpa gejala atau gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan membuka layanan telemedisin bekerja sama dengan belasan penyedia aplikasi dokter digital, untuk mengurangi penumpukan pasien Covid-19 di fasilitas kesehatan.

Dengan layanan itu, pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah bisa melakukan telekonsultasi dengan dokter dan mendapat obat terapi penyembuhan serta vitamin gratis.(rid/den)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs