Sabtu, 27 April 2024

Kemenkes RI Rekomendasi Prodi Kedokteran dan Profesi Dokter Unesa

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
drg. Arianti Anaya (kanan) Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes menyerahkan administrasi standar Academic Health System (AHS) kepada Prof. Dr. Nurhasan Rektor Universitas Negeri Surabaya. Foto: Humas Unesa

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia memberikan rekomendasi pembukaan program studi (prodi) sarjana Kedokteran dan prodi Pendidikan Profesi Dokter atau program Profesi Dokter Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Unesa dinyatakan layak membuka dua prodi tersebut, setelah diasesmen lapangan oleh Ditjen Tenaga Kesehatan Kemenkes pada Rabu (28/12/2022).

Asesmen dipimpin drg. Arianti Anaya Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes dengan meninjau langsung gedung yang disiapkan untuk Fakultas Kedokteran di kampus Lidah Wetan. Kemudian juga melakukan asesmen semua fasilitas dan laboratorium yang ada.

Setelah melakukan visitasi, Dirjen Tenaga Kesehatan itu menyatakan Unesa layak membuka prodi sarjana kedokteran dan program profesi dokter, karena memenuhi standar Academic Health System (AHS).

drg. Arianti Anaya Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes meninjau langsung gedung yang disiapkan untuk Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri Surabaya kampus Lidah Wetan. Foto: Humas Unesa

Prof. Dr. Bambang Yulianto Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa mengatakan, bahwa gedung untuk Fakultas Kedokteran sudah siap, dengan 12 laboratoriumnya.

Adapun laboratorium yang sudah disiapkan Unesa yaitu Lab Anatomi, Lab Patologi Anatomi, dan Lab Patologi Klinik.

Selain itu juga ada Lab Parasitologi, Lab Fisiologi, Lab Mikrobiologi, Lab Biokimia, Lab Histologi, Lab Osce dan Keterampilan Klinik Medis, hingga Lab Kesehatan Masyarakat dan Komunitas serta Lab Bioetika dan Humaniora Kesehatan.

“Setiap lab ini sudah dilengkapi fasilitas. Kemudian tenaga dosen juga sudah kami siapkan jauh-jauh hari dan ini didukung juga oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada (BDH) Surabaya,” terangnya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Dia menambahkan, FK Unesa berbeda dengan yang ada di kampus lainnya, karena memiliki muatan lokal olahraga atau bisa disebut kedokteran olahraga.

“Dalam perjalanannya, Unesa akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan kota untuk mendistribusikan tenaga kesehatan di wilayah Indonesia timur,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Nurhasan Rektor Unesa menyampaikan bahwa persiapan pendirian Fakultas Kedokteran sudah dilakukan jauh-jauh hari, mulai dari administrasi hingga pengiriman berkas ke pusat termasuk ke Kemendikbudristek dan Kemenkes.

“Hari ini kami sudah dinilai dan dievaluasi terkait kesiapan Unesa, dan tadi hasilnya sudah dinyatakan layak. Fakultas Kedokteran ini merupakan komitmen kami di Unesa untuk meningkatkan kualitas kesehatan,” ucapnya.

Dia berharap, Fakultas Kedokteran UNESA bisa mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

“Proses penerimaan mahasiswa baru nanti tetap mengikuti ketentuan pemerintah ada yang tes, non-tes dan mandiri,” tutur Cak Hasan.(bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs