Kamis, 25 April 2024

Kemenkes Tetap Alokasikan Belanja Vaksin Indovac dan Inavac Pada 2023 Meski Anggaran Penanganan Pandemi Dihapus

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Vaksinasi booster. Grafis: Dukut suarasurabaya.net

Kementerian Kesehatan mengalokasikan anggaran belanja vaksin Covid-19 produksi dalam negeri Inavac dan Indovac bagi kebutuhan masyarakat pada 2023.

“Sudah disiapkan (anggaran) Vaksin Inavac dan Indovac tahun ini,” kata Rizka Andalusia Direktur Jenderal Farmasi dan Alat Kesehatan (Dirjen Farmalkes) Kemenkes dalam acara Opening Ceremony COMSTECH-OIC Fellowship Program dan Peresmian Laboratorium Jejaring OIC COE, di Gedung Sujudi Kantor Kemenkes Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan Vaksin Indovac produksi PT Bio Farma dan Vaksin Inavac produksi PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia saat ini telah memasuki tahap akhir uji klinik.

Menurut Rizka, Kemenkes sedang mengupayakan alokasi pendanaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk pembelian kedua vaksin tersebut.

Meski pemerintah telah menghapus alokasi anggaran penanganan pandemi Covid-19 dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mulai 2023, tapi peluang untuk mendapat anggaran belanja vaksin Covid-19 masih terbuka.

“Kata kuncinya adalah selama ada kebutuhan, bisa dianggarkan. Kalau butuh dan kondisi masyarakat perlu booster, bisa dianggarkan,” katanya, mengutip Antara.

Dalam acara yang sama, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan memperkirakan kebutuhan masyarakat terhadap vaksin Covid-19 masih terjadi pada 2023.

Sebabnya, muncul perkiraan imunitas tubuh masyarakat terhadap risiko penularan Covid-19 akan menurun pada awal tahun depan.

“Booster ketiga di Indonesia rendah. Sesudah enam bulan (imunitas) turun. Termasuk imunitas saya rendah juga, sudah turun,” kata Budi yang baru saja pulih dari paparan virus Covid-19.

BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi Vaksin Indovac, di mana untuk tahap awal produksi maksimal mencapai 20 juta dosis.

Honesti Basyir Direktur Utama PT Bio Farma mengatakan jumlah tersebut dapat dinaikkan menjadi 40 juta dosis per tahun pada 2023 dengan penambahan fasilitas produksi.

Selanjutnya, kapasitas produksi bisa dinaikkan lagi menjadi 100 juta dosis per tahun pada 2024, tergantung pada kebutuhan dan permintaan.

FX Sudirman Direktur PT Biotis Pharmaceuticals Indonesiamenyambut baik komitmen Kemenkes untuk membeli Vaksin Inavac pada 2023.

“Kemarin kami sudah ada pertemuan juga dengan Tim Pemantau Konsorsium Vaksin Merah Putih dan sudah menyampaikan komitmen pembelian itu,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs